Bontang

Kodim 0908/BTG Dukung Swasembada Pangan 

Lakukan Pembinaan Kelompok Tani, Bersama Pemkot Laksanakan Panen Raya

BONTANG – Komitmen TNI dalam mendukung ketahanan pangan nasional pangan benar-benar terbukti. Selasa (22/8) kemarin, Kodim 0908/BTG bersama Pemkot Bontang dalam hal ini Dinas Ketahanan Pangan Perikanan dan Pertanian (DKP3) melaksanakan panen raya  di Kelompok Tani Sabar Menanti, Nyerakat kiri RT 19 Kelurahan Bontang Lestari.

Sebagai informasi, Kelompok Tani Sabar Menanti ini merupakaan binaan dari Kodim 0908/BTG bersama DKP3. Panen raya yang turut dihadiri Wakil Wali Kota Basri Rase, Dandim 0908/BTG Letkol Arh Gunawan Wibisono, Asisten Administrasi Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Masyarakat Emlizar Muchtar, Kepala DKP3 Aji Erlynawati, Lurah Bontang Lestari Muhammad Nur, serta para petani Kelompok Tani Sabar Menanti itu merupakan hasil dari program upaya khusus (upsus) komoditas padi jagung kedelai (pajale) dan swasembada pangan yang telah sukses dibina oleh Kodim 0908/BTG bersama DKP3.

Melalui kesempatan ini, Dandim 0908/BTG Letkol Arh Gunawan Wibisono mengungkapkan, program upsus ini merupakan tindaklanjut dari instruksi presiden Joko Widodo kepada Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo yang diteruskan ke seluruh satuan jajaran di bawahnya. Ini dilakukan guna mendukung program ketahanan pangan nasional.

Kata Dandim Gunawan, bentuk pembinaan yang telah dilakukan Kodim 0908/BTG kepada kelompok tani sabar menanti yaitu, melakukan pendampingan dan pengawalan kepada para petani, menyiapkan lahan, memberikan penyuluhan bercocok tanam, hingga pengawalan pendistribusian pupuk hingga ke lokasi.

“Saya ucapkan terima kasih pula kepada pemkot dan para Bhabinsa yang telah mendukung dan mendampingi para petani. Semoga dengan keberadaan Kodim 0908/BTG, bisa mendukung pemerintah terutama dalam bidang pertanian,” harapnya.

Ditambahkan Kepala DKP3 Aji Erlynawati, pada musim panen kali ini padi yang akan dipanen seluas 21 hektar. Wanita yang akrab disapa Iin itu berujar, jika target yang diberikan Pemerintah Pusat kepada Bontang yakni seluas 47 hektar. kekurangan ini kata dia, akan dicapai setelah adanya musim panen lagi. Pihaknya pun optimis, jika Bontang bisa memenuhi target dari yang telah ditetapkan.

“Terima kasih kepada TNI atas segala support-nya. Semoga dengan pembinaan yang dilakukan ini bisa dirasakan baik oleh para petani dan bisa meningkatkan kesejahteraan hidup mereka,” harapnya.

Tahir, Ketua kelompok Tani Sabar Menanti mengungkapkan, jika pembinaan yang dilakukan Pemkot Bontang dan Kodim 0908/BTG sangat berdampak positif terhadap para petani. Diantaranya petani lebih mengetahui lagi cara bercocok tanam yang baik, bisa memproduksi beras sendiri, dan taraf hidup mereka lebih meningkat dibandingkan sebelumnya.

“Semoga pembinaan dan pendampingan ini tidak sampai disini saja. Tetapi bisa terus berkelanjutan,” tukasnya. (bgg)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button