Bontang

Selandia Baru Ingin Berinvestasi di Kota Taman

Juga Tawarkan Peningkatan SDM Bontang

 

BONTANG – Potensi Bontang sebagai kota industri rupanya terus menggiurkan bagi negara asing untuk datang. Kali ini dari negara sahabat, Selandia Baru. Wakil Wali Kota Bontang, Basri Rase menyambut kehadiran Perwakilan Kedutaan Besar Selandia Baru, Tim Anderson di Ruang Rapat Utama Kantor Wali Kota Bontang Jln Moeh Roem, Kelurahan Bontang Lestari, Rabu (23/8) pagi.

Basri mengapresiasi kunjungan kerja Perwakilan Kedubes Selandia Baru di Kota Taman. Ia juga berharap agar ke depan bisa terjalin kerjasama yang dapat menguntungkan Kota Bontang. Pertemuan ini akan ditindak lanjuti dengan koordinasi internal mengenai hal-hal yang bisa dikerjasamakan.

Basri kemudian melanjutkan, bahwa Pemerintah Kota Bontang akan selalu terbuka dengan peluang-peluang investasi yang bisa memberikan manfaat banyak bagi kehidupan masyarakat Kota Bontang.

Sementara itu, Tim Anderson menerangkan kerjasama yang ditawarkan Kedubes Selandia Baru yaitu, di bidang pendidikan, produktivitas pertanian dan peternakan, energi baru, industri, pariwisata, peningkatan kualitas lingkungan dan lainnya.

Satu hal yang menarik, pihaknya menawarkan kerjasama dalam peningkatan skill, sesuai dengan kebutuhan industri di Kota Bontang. Hal ini cukup menggiurkan. Pasalnya sudah menjadi harapan ke depannya semua industri baru dapat menggunakan tenaga kerja lokal.

Selandia Baru dikenal sebagai negara yang berhasil melakukan transformasi dari ekonomi yang berbasis sektor pertanian ke arah industrialisasi dengan daya saing skala global. Tak heran, Kota Bontang sebagai kota industri menjadi pilihan Selandia Baru untuk berinvestasi.

Dalam tanya jawab kemarin, Tim mengatakan Kedubes Selandia Baru fokus untuk menjalin kerjasama di kabupaten/kota di wilayah timur Indonesia. Sebelumnya, telah dilangsungkan kerjasama dengan Kota Ambon. Kerjasama berupa peningkatan keterampilan tenaga guru di 30-40 TK di Kota Ambon.

Turut hadir Asisten Ekobang dan Kesra, Emlizar Muchtar, Staf Ahli, perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Bontang terkait, serta perwakilan Forum Anak Kota Bontang untuk ikut serta menyimak maksud dan tujuan kunjungan kerja tersebut. (hms8)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button