Bontang

Selambai, Wilayah Ketiga Pencanangan Kampung KB

BONTANG- Selambai, Loktuan menjadi wilayah ketiga yang dicanangkan Wali Kota Bontang, Neni Moerniaeni sebagai kampung KB. Pencanangan dilakukan Selasa, (29/8) lalu. Selain Selambai, sebelumnya Kampung Makassar, dan Pagung tercatat sudah dicanangkan sebagai Kampung KB.

Selain dihadiri Wali Kota Bontang, pencanangan Selambai sebagai Kampung KB juga dihadiri Ketua TP PKK Kota Bontang Hapidah Basri Rase, anggota DPRD Kota Bontang, Camat Bontang Utara Zemmy Haz, kader KB dan tokoh masyarakat Kelurahan Loktuan yang turut mengikuti seluruh rangkaian pencanangan Kampung KB tersebut.

Dalam sambutannya, Neni menjelaskan, Kampung KB ini merupakan instruksi Presiden Joko Widodo untuk dilaksanakan. Dalam mendukung prioritas pembangunan melalui Nawacita, dengan tetap mengutamakan 8 fungsi keluarga sebagai pedoman pelaksanaannya.

Menurutnya, Kampung KB merupakan wadah untuk dapat mengimplementasikan program lintas sektor, dan bukan hanya pelaksanaan hal-hal yang hanya program KB semata.

“Kampung KB ini tidak hanya fokus pada KB saja, tetapi juga semua hal-hal yang menyangkut keluarga, termasuk salah satunya perlindungan hak perempuan dan anak, kesehatan keluarga. Intinya, bagaimana setiap keluarga yang ada di Kota Bontang hidupnya terprogram. Kalau sudah terprogram saya yakin setiap keluarga di Bontang akan menjadi keluarga kecil berkualitas dan sejahtera,” ungkapnya.

Selanjutnya Neni meminta tidak hanya kepada masyarakat yang wilayahnya sudah dicanangkan sebagai kampung KB, akan tetapi seluruh lapisan masyarakat untuk terus mengikuti program KB dan mengamalkan 8 fungsi keluarga, yaitu sebagai fungsi agama, sosial, cinta kasih dan fungsi perlindungan, ekonomi, pendidikan serta fungsi pelestarian lingkungan dan funsi reproduksi.

“Saat ini sasaran utama dari kampung KB adalah memastikan kasus kematian ibu dan anak tidak terjadi lagi. Ini merupakan sebuah misi yang mulia dan harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Kita upayakan angka kematian bayi dan ibu di Kota Bontang berada pada angka nol di setiap kelurahan,” tegasnya

Sementara Ketua TP PKK Kota Bontang Hapidah Basri Rase mengatakan, kampung KB ini juga untuk menggemakan kembali program KB di Bontang, serta dalam rangka mewujudkan program keluarga kecil sejahtera berkualitas, yang juga merupakan salah satu program dari PKK Kota Bontang, yang dalam pelaksanaannya terus bersinergi dan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan dan KB Kota Bontang. (hms7)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button