Bontang

Operasi Pasar Kanaan dan Bontang Lestari Sepi

Dibuka untuk Warga Non-Pemegang Kupon

Operasi pasar gas elpiji 3 kg yang digelar Jumat (9/8) kemarin, mengambil dua titik yakni kelurahan Kanaan dan Bontang Lestari. Di Kelurahan Kanaan sendiri menurut Kasi Perdagangan Dalam Negeri dan Metrologi Legal Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, dan Perdagangan (Diskop-UKMP) Doddy Rosdian berjalan lancar. “Kalau pendistribusian pagi ini relatif aman terkendali. Warga juga bisa secara tertib menukarkan tabung gasnya,” ujarnya.

Adapun mekanisme yang dibuat sama dengan kelurahan sebelumnya yakni pihak keluharan mendata penerima kupon yang dapat ditukarkan dengan tabung melon tersebut. Ada dua kategori yang berhak mendapatkan elpiji tiga kilogram yakni rumah tangga miskin (RTM) dan pelaku usaha mikro.

“Karena mekanisme yang kita buat, alhamdulillah bisa berjalan lancar. Untuk itu (kupon, Red.) dibuat oleh kelurahan. Kita bekerja secara tim, karena yang mengetahui data ialah kelurahan, Diskop-UKMP membantu pendistribusian,” ungkapnya.

Penukaran tabung elpiji di kedua kelurahan dibuka hingga pukul 10.30 Wita. Berdasarkan pantauan awak media Bontang Post hingga waktu yang ditentukan kouta elpiji masih tersedia, sehingga Diskop-UKMP membuka bagi masyarakat umum dengan ketentuan yang sama.

“Agen kan harus menghabiskan, kita buka untuk warga yang membutuhkan diluar pemegang kupon dengan harga sama dan satu kepala keluarga dapat satu tabung,” tambahnya.

Warga bukan pemegang kupon yang telah menukarkan tabung gasnya  akan dibubuhkan tinta pada jari tangannya. Hal tersebut bertujuan untuk memantau apakah warga tersebut sudah menukarkan atau belum.

Doddy – begitu akrab disapa – memastikan dengan berakhirnya operasi pasar pada kemarin maka tidak terjadi lagi kelangkaan elpiji melon. Mengingat agen yang ada di Kota Taman sudah melakukan pendistribusian ke pangkalan secara normal.

“Kemarin faktor Hari Raya Lebaran Kurban, distribusi stop satu hingga dua hari. Kemudian pemakaian warga yang meningkat jadi stok kurang. Agen sudah mulai mendistribusikan secara normal ke pangkalan-pangkalan,” kata dia.

Berdasarkan informasi, warga pemegang kupon di kelurahan Kanaan mencapai angka 518 warga. Pembagiannya RTM sebesar 268 orang, sedangkan sektor pelaku usaha mikro berjumlah 250 orang.

Kelurahan Bontang Lestari jumlah kupon yang tersebar sama yakni dengan kelurahan Kanaan. Rinciannya, RTM sejumlah 353 warga dan 165 pelaku Usaha mikro. (*/ak)

Tags

Related Articles

Back to top button