Anda tidak bisa menyalin berita ini. Info lebih lanjut, hubungi admin di [email protected]
Bontang

Poskamling RT 22 Terbaik se-Bontang Selatan 

Pentingnya Mengoptimalkan Peran Siskamling di Lingkungan Warga

Peran pos keamanan lingkungan (Poskamling) sangat efektif dalam mencegah terjadinya tindak kejahatan ataupun kriminal lainnya di suatu wilayah. Bahkan tidak hanya menjadi tempat berjaga malam saja, namun sistem keamanan maupun ketersediaan sarana dan prasarananya juga harus memadai.

Guna menciptakan dan menjaga keamanan secara utuh di Indonesia, maka diperlukan bantuan dari semua pihak. Baik itu dari TNI (Tentara Nasional Indonesia), Kepolisian, dan Satpam. Ketiga unsur ini memegang peranan penting sebagai organisasi yang khusus bertugas untuk menjaga keamanan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia).

Namun ada satu unsur lagi yang tidak kalah penting, yaitu warga negara itu sendiri. Walaupun sebagai warga negara tidak masuk ke salah satu organisasi tersebut, masyarakat tetap memiliki kewajiban untuk menjaga keamanan negara, khususnya di lingkungan sekitar. Di dalam tingkatan keamanan terkecil ini, bila dilakukan dengan sebaik-baiknya oleh setiap warga maka akan tercipta keamanan di lingkungan tersebut.

Merasa perlu mengoptimalkan keamanan di lingkungannya, belum lama ini Kecamatan Bontang Selatan pun menggelar lomba siskamling tingkat kecamatan yang diikuti oleh seluruh perwakilan kelurahan di Kecamatan Bontang Selatan. Poskamling RT 22 Kelurahan Satimpo pun didapuk menjadi yang terbaik di antara poskamling lainnya.

Menanggapi hal tersebut, Lurah Satimpo Reni Eka Wahyuni merasa bangga atas pencapaian yang telah diraih tersebut. Kata dia, ini semua tidak terlepas dari parisipasi dan kontribusi semua pihak baik dari warga RT 22, trantib kelurahan, Babinsa maupun Bhabinkamtibmas Kelurahan Satimpo.

“Keaktifan masyarakat di RT 22 memang sangat berpengaruh sekali. Dimana mereka melakukannya secara swadaya baik menjalankan sistem keamanannya maupun membangun poskamling itu sendiri,” kata Lurah Reni kepada Bontang Post, (3/10) kemarin.

1 2Laman berikutnya
Tags

Related Articles

Comment

Back to top button