Bontang

Neni Hadiri ICLEI

WALI KOTA Bontang Neni Moerniaeni hadiri International Council For Local Environmental Initiatives (ICLEI). Organisasi ini menghimpun wali kota seluruh dunia. Tujuannya untuk merangsang munculnya inisiatif membangun kota yang ramah lingkungan, sehingga muncul lah kota nyaman huni dan rendah emisi gas rumah kacanya.

Pada kongres yang dilaksanakan di Taiwan mengambil judul “EcoMobility Word Congress 2017”. Para peserta membahas mengenai pembangunan kota terkait dengan moda transport dan juga sistem transportasi ramah lingkungan.

Dipilihnya Taiwan (Kaohsiung) sebagai lokasi kongres, karena Taiwan merupakan negara yang moda transportasinya bagus. Semua kota terhubung dengan kereta cepat.

Sebagai contoh, begitu kita keluar dari airport langsung tersedia alternatif kereta cepat untuk perjalanan jauh,  MRT untuk perjalanan dalam kota, dan juga taksi.  Sedangkan di dalam kota sendiri ada bus kota, MRT, dan beberapa moda lainnya. Karena bagusnya jaringan transportasi umum, sehingga masyarakat lebih baik menggunakan transportasi umum dibanding kendaraan pribadi.

Dengan penggunaan kendaraan umum, berarti kendaraan yang berada di jalan raya berkurang. Penggunaan bahan  bakar fosil menurun, berakibat emisi gas karbon berkurang, sehingga tercipta kota “green” yang turut memperlambat terjadinya pemanasan global. Dengan menurunnya penggunaan kendaraan pribadi juga akan menyebabkan berkurangnya penggunaan lahan parkir, yang terasa semakin sulit di kota- kota besar. (*)

Tags

Related Articles

Back to top button