Bontang

Capanwascam Jalani Tes Tulis 

Sebagian Peserta Pernah Terjun di Kepemiluan

BONTANG – Seleksi Calon Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Capanwascam) dilakukan kemarin (7/10) pada pukul 10.00 Wita melalui tes tulis. Bertempat di Balai Pertemuan Kecamatan Bontang Utara, tes ini dihadiri oleh 31 peserta yang telah lolos dari seleksi berkas.

Ketua Pokja pendaftaran calon anggota Panwascam Aldy Artrian mengatakan proses seleksi berjalan lancar. Mengingat rata-rata dari calon peserta sudah pernah berkecimpung di dunia kepemiluan sebelumnya.Kebanyakan mereka sudah pernah mengikuti kegiatan serupa,” kata Aldy.

Adapun dari jumlah Capanwascam yang lolos seleksi berkas terbagi atas tiga wilayah kecamatan. Sebanyak 9 orang dari kecamatan Bontang Barat, 11 orang Bontang Utara, dan 11 Capanwascam dari Bontang Selatan.

Tiap peserta menjawab 55 soal yang terbagi dalam dua format yakni 50 pilihan ganda dan 5 soal esai. Durasi untuk menjawab beberapa soal tersebut ialah 120 menit. Pengoreksian jawaban juga dilakukan kemarin.

Nantinya 6 besar dari masing-masing kecamatan berhak melaju di tahapan selanjutnya yaitu fit and proper test. Format yang dipakai dalam tahapan tersebut ialah wawancara dengan tiga Komisioner Panwaslu.

“18 orang yang kita umumkan telah lolos tes tertulis akan mengikuti fit and proper test yang dilakukan oleh Komisioner Panwaslu Bontang,” tambahnya.

Tak lupa, Aldy meminta partisipasi masyarakat dalam memberikan tanggapan mengenai para kandidat Panwascam. Kedepan, bahan tersebut akan digunakan oleh Komisioner Panwaslu sebagai materi klarifikasi yang harus dipertanggung-jawabkan oleh para Capanwascam.

“Tanggapan masyarakat  bisa via email di [email protected] atau datang langsung di kantor Panwaslu,” tukasnya. (*/ak)

Tags

Related Articles

Back to top button