Anda tidak bisa menyalin berita ini. Info lebih lanjut, hubungi admin di [email protected]
Kaltim

Masih Perlu Sinkronisasi, Pansus Revisi RPJMD Diperpanjang

SAMARINDA – Masa kerja Panitia Khusus (Pansus) DPRD Kaltim Pembahas Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Revisi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kaltim 2013-2018 diperpanjang. Masih banyaknya pekerjaan yang perlu dilakukan menjadi alasan pansus untuk meminta perpanjangan selama satu bulan.

Ketua Pansus Andarias Pangloli Sirenden menuturkan, materi raperda usulan Pemprov Kaltim ini masih memerlukan perbaikan lebih lanjut. Terutama masih banyaknya data yang hingga kini belum diterima pansus. Selain itu saat ini sedang diadakan proses verifikasi antara RPJMD provinsi dengan RPJMD kabupaten/kota.

“Proses ini sedang berjalan dan masih belum selesai. Demikian pula proses sinkronisasi terhadap target dan indikator capaian pada RPJMD, masih dalam pembahasan guna menetapkan target indikator yang realistis dan proporsional sesuai situasi dan kondisi aktual Kaltim,” kata Andarias dalam rapat paripurna ke-32 DPRD Kaltim, Rabu (11/10) kemarin.

Untuk itu dia meminta masa kerja pansus diperpanjang sesuai tata tertit yang berlaku. Perpanjangan ini dalam rangka menuntaskan pekerjaan pansus yang belum selesai. Terutama dalam hal sinkronisasi data dengan kabupaten/kota dan dengan beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) di Kaltim. Juga terkait pelaksanaaan uji publik dan konsultasi fasilitasi dengan kemendagri.

“Usulan dari pemprov cukup luas cakupannya. Terkait dengan RPJM nasional kemudian beberapa undang-undang peraturan yang lain. Lalu kami mau sinkronkan data terkait dengan revisi masing-masing kabupaten/kota yang berhubungan dengan provinsi,” ungkapnya kepada Metro Samarinda.

Koordinasi data ini khususnya juga masih akan dilakukan dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kaltim selaku pengusul raperda. Dari situ pansus akan mengkaji lebih dalam terkait dengan perubahan-perubahan dalam revisi RPJMD. Dengan kajian-kajian tersebut, diharapkan raperda yang dihasilkan lebih matang dan lebih lengkap.

1 2 3Laman berikutnya
Tags

Related Articles

Comment

Back to top button