Bontang

Penyandang Disabilitas Terima Bantuan

Total 9 Penerima Bantuan, 2 Calon Penerima Masih Proses Pengukuran

BONTANG – HUT ke-18 Bontang menjadi hari yang spesial bagi beberapa  penyandang disabilitas. Di mana, Pemkot Bontang memberikan bantuan kepada 9 orang sesuai dengan yang dibutuhkan, misalnya kaki dan tangan palsu, kursi roda, tongkat, serta alat pendengaran.

“Bantuan ini sangat terasa langsung buat masyarakat karena komunitas mereka kecil. Ini terinspirasi dari tulisan jurnalis,” kata Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, dan Pemberdayaan Masyarakat (Dissos-P3M) Abdu Safa Muha pada saat menghadiri syukuran HUT ke-18 Bontang di Rumah Jabatan Wali Kota Kamis (12/10) lalu.

Bantuan ini menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) berkolaborasi dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas). Adapun mekanisme penyalurannya dilakukan satu pintu.

Menurutnya, kedepan masih ada dua penerima bantuan alat kebutuhan khusus yang akan dijadwalkan menjalani proses pengukuran kaki palsu dalam beberapa waktu dekat. Hal ini dilakukan guna penerima bantuan merasakan kenyamanan dan memudahkan dalam beraktivitas sehari-hari.

“Dua orang masih rencana diukur kaki palsunya,” tambahnya.

Selain itu, Dissos-P3M juga memberikan bantuan kepada 61 orang dan 8 lembaga dengan total bantuan senilai Rp 800 juta. Jumlah tersebut terbagi biaya kesehatan (11 orang), usaha ekonomi produktif (6 keluarga), biaya dan sarana-prasarana sekolah (7 siswa), rehabilitasi rumah tidak layak huni (12 kepala keluarga), permakanan bagi tuna sosial (4 orang) dan klien yang tidak potensial serta berpenyakit kronis (24 orang).

Sedangkan korban bencana kebakaran dan banjir juga memperoleh bantuan berupa pakaian, kitchen set, makanan, dan perlengkapan lain dengan total penerima bantuan sejumlah 84 kepala keluarga atau 206 jiwa. Tak sampai di situ saja, sebanyak 401 klien menjadi penerima konsultasi kesejahteraan keluarga dengan pendampingan, penjangkauan, home visit, dan rujukan.

Sebanyak 8 kelompok usaha bersama (Kube) e-Warong juga  menerima bantuan sarana pengembangan usaha. Diantaranya, Kube jasa e-Warong Cahaya Abadi Api-api, Sejahtera Bersama Kanaan, Loktuan Sejahtera, Berkah Bersama Tanjung Laut Indah, Berjuang Bersama Tanjung Laut, dan Insan Cita Berebas Tengah.  (*/ak)

 

 

 

 

Tags

Related Articles

Back to top button