Bontang

Bawa e-KTP, Berobat Gratis di RSUD

Wacana Pemkot Bagi Masyarakat yang Belum Punya BPJS Kesehatan

BONTANG – Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni merencanakan akan memberlakukan pelayanan kesehatan optimal kepada masyarakat. Khususnya bagi masyarakat yang belum memiliki Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Nantinya, warga cukup datang ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Taman Husada dengan membawa e-KTP dan Kartu Keluarga (KK). “Kedepan ada inovasi, untuk masyarakat yang tidak punya BPJS cukup membawa KK dan KTP elektronik, itu bisa berobat gratis di RSUD,” kata Neni.

Lantas, Neni meminta kepada OPD terkait dalam hal ini Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana (Diskes-KB) dan Direktur RSUD Taman Husada untuk menjabarkan kepada masyarakat. Dikarenakan, status RSUD Taman Husada ialah milik pemerintah dengan subsidi APBD.

“Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit Umum tolong inovasi ini jabarkan ke masyarakat,” tambahnya.

Berdasarkan informasi, Bontang merupakan kota tertinggi cakupan pelayanan kesehatan se-Kaltim. Di mana cakupan peserta BPJS sebesar 85,5 persen.

Sementara itu, wacana pemberlakuan mekanisme tersebut mendapat respon yang positif oleh Plt Kadiskes-KB Bahauddin. Dengan penerapan pengobatan gratis melalui e-KTP dan KK bagi yang belum memiliki BPJS Kesehatan dapat membuka akses masyarakat terkait pelayanan kesehatan.

“Saya kira itu formula luar biasa yang dilakukan oleh wali kota,” kata Bahauddin saat dijumpai Bontang Post saat syukuran HUT Kota Bontang di Rumah Jabatan Wali Kota, Kamis (12/10) lalu.

Diskes-KB akan menyusun regulasi sehubungan dengan wacana ini. Bentuknya kemungkinan dapat diterjemahkan melalui Peraturan Wali Kota (Perwali).

“Arah pembiayaannya kemungkinan seperti Jamkesda,” tutur mantan Kabid pelayanan dan penunjang medik RSUD Taman Husada ini.

Akan tetapi, ia mengatakan tantangan yang bakal dijumpai ialah masih banyaknya masyarakat yang belum mempunyai e-KTP. Mengingat hingga sekarang blangko pengurusan administrasi tersebut stoknya terbatas. (*/ak)

Related Articles

Back to top button