Anda tidak bisa menyalin berita ini. Info lebih lanjut, hubungi admin di [email protected]
Hoaks atau Tidak?

Termakan Broadcast Konyol

Konyol, tidak masuk akal, tapi banyak juga percaya. Itulah pesan berantai yang berisi 79 emoticon bergambar baterai. Pesan tersebut cepat tersebar luas melalui banyak grup WhatsApp dan Facebook seharian kemarin.

Pesan diawali ungkapan kekaguman terhadap keajaiban bahwa emoticon itu bisa mengisi baterai full dalam sekejap. Katanya sih, formulasi tersebut ditemukan seorang mahasiswa bernama Syazwina Syukrina Zurina. ”Coba kirim ke-4 grup, dan baterai anda akan penuh 100 persen,” tulis pembuat informasi hoax itu.

Meski jelas dan pasti tidak ada kaitan antara emoticon dan proses pengisian baterai, banyak yang percaya dan ikut menyebarkan. Tapi, ada juga yang sadar dan langsung mencemooh pengguna medsos yang termakan kabar tersebut. ”Nih, tak kasih tambahan biar baterai bisa langsung penuh 500 persen,” ucap Ginanjar, pengguna medsos yang geram sembari melipatgandakan gambar baterai hingga ratusan.

Ada juga pengguna medsos yang sebenarnya tidak percaya, tapi ingin mencoba. Dia ikut menyebarkan broadcast tersebut, tapi ditambahi kalimat pembuka yang menggelikan. ”Tulung lur, aku ojo mbok kaploki. Aku mung pengin melu njajal,” tulisnya. Sebab, digandakan berapa banyak pun tetap tidak berpengaruh terhadap proses pengisian baterai. (eko/gun/c10/fat)

Tags

Related Articles

Comment

Back to top button