Bontang

Kelurahan Belimbing Jadi Pilot Project Be-Smart 

Pemerintah Sambut Kelompok Informasi Masyarakat

BONTANG – Perkembangan teknologi mempengaruhi gaya hidup serta model berkomunikasi masyarakat saat ini. Wali Kota Bontang melalui Asisten Administrasi Umum Syarifah Nurul Hidayati, meresmikan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) atau “Be-Smart” di Kelurahan Belimbing, Kamis malam (19/10) lalu.

Tampak hadir Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Diskominfotik) Dasuki, Camat Bontang Barat Sutrisno, Lurah Belimbing M Ihsan, Tim Penggerak PKK Kecamatan Bontang Barat dan Kelurahan Belimbing, hingga anggota KIM “Be-Smart”.

Dalam sambutannya Syarifah mengatakan, menjadikan Kota Bontang sebagai smart city melalui peningkatan kualitas SDM merupakan salah satu misi Pemkot Bontang. Hal ini bisa diwujudkan dari pelayanan publik, baik di bidang teknologi informasi. Pelayanan prima yang efektif dan efisien adalah suatu keharusan.

Reformasi telah mendorong perubahan ketatanegaraan dan pola hubungan kemasyarakatan yang semakin menghendaki transparansi serta demokrasi. Sistem politik hasil reformasi telah berpengaruh pada perubahan kehidupan berbangsa dan bernegara, serta mendorong pemerintah berorentasi pada tata pemerintahan yang baik (good governance).

“Antara lain adanya transparansi, demokratisasi, akuntabilitas serta terbukanya ruang publik untuk meningkatkan partisipasi menuju masyarakat madani (civil society),” terangnya.

Sesuai Undang-undang Nomor 22 Tahun 1999 tentang Pemerintah Daerah yang telah diubah menjadi Undang-undang Nomor 12 Tahun 2008 sebagai produk reformasi. Daerah memiliki kewenangan mengurus dan mengatur semua urusan pemerintahan. Daerah pun memiliki kebijakan member pelayanan, peningkatan peran serta, prakarsa, dan pemberdayaan masyarakat.

Peningkatan pelayanan publik di bidang informasi menjadi bagian penting dari prinsip-prinsip good governance, transparansi, dan demokrasi. “KIM sebagai forum media, dapat menjadi wahana untuk pelayanan publik di bidang komunikasi dan informasi. Berlangsungnya interaksi tatap muka dalam KIM, memiliki kekuatan sendiri,” ucap Nurul.

Ia berharap, melalui launching KIM “Be Smart” dapat memberikan sumbangsih positif pada pelayanan, penyebaran informasiterhadap masyarakat Kota Bontang, khususnya bagi warga di lingkungan Kelurahan Belimbing. (ra)

Tags

Related Articles

Back to top button