oleh

Lowongan Pekerjaan kok Banyak Kejanggalan

PENYEBAR hoax zaman now sangat pintar memanfaatkan momentum. Hoax yang sebenarnya pernah diedarkan tinggal dimodifikasi dan disebar ulang. Itulah yang terjadi pada informasi lowongan pekerjaan palsu untuk Bandara Trunojoyo, Sumenep.

Hoax terkait dengan Bandara Sumenep tersebut sebenarnya pernah menyebar beberapa bulan lalu. Tetapi kini disebar ulang seiring beredarnya informasi baru bahwa bandara itu mulai melayani penerbangan komersial. Kabar palsu tersebut sebenarnya juga hasil modifikasi dari informasi lowongan pekerjaan palsu di Bandara Kulon Progo yang juga muncul beberapa bulan lalu.

Isi dua pesan itu mirip. Hanya diganti objeknya dari Bandara Kulon Progo menjadi Bandara Sumenep. ’’Ayooo yang punya anak, saudara, adik, tetangga suruh pada melamar Bandara Sumenep yang baru. Di Buka Lowongan Kerja PT Angkasa Pura Airports Sumenep (Perusahaan pengelola bandar udara),’’ begitu pesan pembuka lowongan pekerjaan tersebut.

Lowongan yang tersedia di Bandara Sumenep, antara lain, aviation security officer, fly security, fire fighting officer, apron movement, controller/avia bridge, air traffic controller, aircraft maintenance, engineer, flight operation officer, perawat, marshaller, check in counter, customer service, pemadam kebakaran, driver, dan mekanik.

Agar menarik orang yang membacanya, fasilitas yang ditawarkan begitu menggiurkan. Katanya, mereka yang diterima kerja akan mendapat gaji pokok UMR Rp 6,5 juta. Entah upah minimum regional daerah mana yang bisa tembus hingga Rp 6,5 juta. Sebab, upah minimum regional tertinggi di Indonesia hanya Rp 3,6 juta. Itu pun ada di Karawang.

Selain gaji pokok Rp 6,5 juta, mereka yang diterima kerja di Bandara Sumenep akan mendapat fasilitas lain. Yakni, uang makan, mes, transportasi antar jemput, seragam, BPJS, premi kehadiran, hingga tunjangan hari raya (THR).

Bagikan berita ini!
loading...