Anda tidak bisa menyalin berita ini. Info lebih lanjut, hubungi admin di [email protected]
Bontang

PDAM Keluhkan Aktivitas Galian Jargas

BONTANG – Keluhan mengenai kualitas air PDAM Tirta Taman kembali mencuat ke permukaan dan ramai di media sosial. Hal tersebut tak dipungkiri juga oleh Direktur PDAM Tirta Taman, Suramin. Dirinya menyatakan kualitas dan kuantitas air terganggu akibat galian pipa jaringan gas (Jargas), kerusakan deep well (sumur dalam) di Kanaan serta kegiatan shutdown yang dilakukan rutin per 3 bulan.

Dijelaskan Suramin, pihaknya terus berupaya keras untuk menjaga kualitas, kuantitas dan kontinuitas (K3) air PDAM. Salah satu programnya yakni kegiatan rutin shutdown di setiap WTP yang ada di Bontang secara bergiliran untuk perbaikan kualitas. Setelah selesai pelaksanaan shutdown WTP Bhayangkara, pihaknya pun akan melanjutkan di WTP KS Tubun. “Kami komitmen untuk menjaga kualitas,” Jelas Suramin saat ditemui di kantornya yang didampingi oleh Manajer Pemasaran Budi Hartono, Super Visor Distribusi Abdul Gani serta Formen Distribusi Mariono, Selasa (14/11) kemarin.

Terkait keluhan, pihaknya memang menerima berbagai macam keluhan dan paling banyak pada kualitas air. Beberapa hari ini, air PDAM berwarna coklat di beberapa wilayah dengan distribusi yang tidak stabil. Padahal, untuk kualitas di WTP dijelaskan Suramin sudah sesuai dengan parameter Permenkes. Tetapi, untuk di lapangan terdapat jaringan yang rusak akibat galian pipa Jargas. “Memang pada prinsipnya saya mendukung program Jargas ini, tetapi saya menyayangkan pihak managemen kontraktor yang mengerjakannya,” ujar dia.

Sehingga, akibat kerusakan tersebut, sebanyak 15 ribuan kubik air terbuang dari pipa-pipa yang bocor. Suramin juga kecewa ketika ada kerusakan kontraktor pelaksana penggalian pipa jargas tidak segera melaporkan dan hanya ditutup dengan karet ban. Bahkan ada pipa yang bocor dan langsung ditimbun hingga menyebabkan air PDAM terbuang, sementara distribusi ke pelanggan terganggu. “Kami meminta manajemen kontraktor pelaksana penggalian pipa jargas bersilaturahim agar ketika ada kebocoran lebih cepat terkendali dan teratasi,” ungkapnya.

1 2Laman berikutnya
Tags

Related Articles

Comment

Back to top button