Breaking News

Semua OPD Diminta Terlibat

SANGATTA – Wakil Bupati Kutai Timur (Wabup Kutim) Kasmidi Bulang meminta semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk terlibat dalam mensukseskan proses penilaian Adipura tahap pertama yang rencananya dilakukan bulan ini. Sebab, jika berhasil maka akan bisa dinikmati semua pihak. Sehingga untuk mengelola kebersihan 15 titik pantau yang sudah ditetap, wajib menjadi tanggungjawab semua OPD.

“Saya harap semua OPD bisa dilibatkan untuk bertanggungjawab terhadap 15 titik pantau penilaian Adipura. Sehingga, pengelolaannya bisa lebih fokus dan terarah,” ujar Kasmidi.

Dia mengatakan, memang Bupati Kutim telah menetapkan penanganan soal Adipura berada dibawah koordinir Staf Ahli Bidang Lingkungan. Namun bukan berarti hanya OPD yang tergabung dalam tim Adipura saja yang harus bekerja. Akan tetapi semua OPD harus bisa terlibat.

“Selain itu, saya juga berharsp apa saja progres yang sudah dilakukan tim Adipura, bisa dilaporkan setiap minggu. Sehingga dapat diketahui dan dicarikan solusi kendala apa saja yang dihadapi,” ucapnya.

Sementara Bupati Kutim Ismunandar mengatakan, berkaitan dengan kebersihan, dirinya juga sudah menyampaikan ajakan ke warga, khususnya yang tinggal dikawasan pesisir pantai untuk tidak mengotori laut. Karena, bukan hanya akan menjadikan laut kotor, akan tetapi juga berdampak terhadap ekosistem di dalamnya.

“Waktu kunjungan ke Muara Bengalon, saya juga sampaikan bahwa nenek moyang kita adalah seorang pelaut. Jadi ayo kita jangan lagi jadikan laut sebagai tempat sampah,” papar Ismu.

Menurut dia, jika dibandingkan dengan Kota Bontang, jumlah penduduk yang diurus di wilayah Sangatta sebagai ibukota kabupaten, jumlah sama. Namun, Bontang lebih berhasil mengurusi soal kebersihannya. Sehingga, hal itu bisa menjadi rujukan untuk diterapkan.

“Model pembangunan yang kami terapkan ini ada dua. Yakni wilayah perkotaan dan pedesaan. Nah untuk perkotaan, tolong disiapkan sesuai model pembangunan yang sudah direncanakan,” tutupnya. (aj)

Tags

Related Articles

Back to top button