Opini

Terima Kasih, Guru

Sejati dalam pekerjaan yang paling mulia dan berjasa adalah guru. Pintu gerbang dari segala bentuk peran yang dimiliki terletak pada guru. Kutipan yang dituliskan Uzair Usman mengemukakan bahwa peran dan tugas guru adalah mengajar, pemipin kelas, pembimbing, pengatur lingkungan, partisipan, ekspeditor, perencana, supervisor, motivator dan konselor, (Baca: Micro Teaching, Zainal Asril, 2010).

Di atas menyebutkan semua yang menjadi dasar dari peran yang dilakukan oleh guru. Dan peran yang paling utama yaitu lebih dari pengertian tersebut yaitu mendidik dengan penuh hati nurani.

Kita lihat satu persatu bentuk peran yang dimiliki. Pertama, mengajar dan memimpin kelas sudah seharusnya guru mangajar dan memimpin kelas yang diamanatkan oleh guru tapi untuk itu diberikan peran yang lebih baik lagi terhadap guru untuk mengelolah kelas dan mengajarkan siswa di dalam kelas sehingga proses mengajar bisa berjalan lebih baik dan memimpin kelas secara efektif.  Kedua, pembimbing, pengatur lingkungan dan partisipan yaitu sebagai suatu kesatuan dalam tugas guru disini, bisa memberikan arah bimbingan yang diperlukan oleh siswa terhadap guru.

Dalam mengatur lingkungan guru juga terlibat lansung sebagai partisipan yang terlibat dalam pengaturan lingkungan yang diciptakan dalam bentuk pembibingan terarah. Ketiga ekspeditor, perencana dan supervisor yaitu dalam pembentukan karakter siswa, guru selalu melihat pola tingkah laku yang dialami oleh siswa yang terkadang harus dilakukan dengan melihat jauh atau ekspeditor dari segala bentuk tingkah laku siswa.

Dari tingkah laku yang dilakukan siswa ini, maka sudah menjadi bentuk perencaan awal dari guru yang telah memberikan arah terhadap siswa dan pada akhirnya akan menjadi bahan bentuk evaluasi atau supervisor dari guru terhadap tindakan awal sampai dalam bentuk perencanaan. Keempat, motivator dan konselor bisa dijadikan landasan dalam pemberian peran aktif siswa agar dapat memacu semangat tumbuh kembang dalam proses belajar baik dilingkungan sekolah maupun di luar sekolah.

Keterkaitan dari bentuk peran guru di atas bisa dimaknai untuk lebih memberikan kesan lebih objektif bahwa guru berperan erat dalam terciptanya karakter dalam diri siswa dan siswa  menjadi tangguh. Peran guru selama ini sudah banyak berkontribusi dalam memajukan dunia pendidikan. Terlihat dari generasi ke genernasi zaman terlahir dan tercipta sosok pemimpin dan terlahir berbagai profesi berkat didikan dari seorang  guru dengan cara mengaplikasikan teori yang ada  di atas dan mendidik dengan hati nurani. Bahkan gurupun lahir dari seorang guru yang mengajarkan  pertama kali dasar dari keilmuan yaitu membaca, menulis dan berhitung.

Konsep dasar di atas memang harus diaplikasikan secara mendalam dan teoritis jika kita ingin melihat anak generasi emas yang katannya akan menjadi generasi emas di tahun 2030! Selamat hari guru buat para pendidik, pengajar dan guru seluruh Indonesia, Terima kasih, guru. (**)

Penulis adalah Pegiat Sastra dan Teater.

Tags

Related Articles

Back to top button