Anda tidak bisa menyalin berita ini. Info lebih lanjut, hubungi admin di [email protected]
Breaking News

Buron 3 Tahun, Mantan Kades Akhirnya Ditangkap

SANGATTA – Pelarian yang dilakukan Agus mantan Kepala Desa Sepaso Timur selama tiga tahun dari jeratan hukum akhirnya berakhir. Pasalnya, tersangka kasus dugaan korupsi Alokasi Dana Desa (ADD) tahun 2014, berhasil diringkus Tim Buru Sergap Opsnal Satreskrim Polres Kutim, Sabtu (2/12) lalu di Samarinda.

Tersangka diketahui, membawa kabur uang hasil pencairan ADD 2014 senilai Rp 421 juta, saat masih menjabat sebagai Kades Sepaso Timur.

“Saat ini, tersangka mengakui telah menyalahgunakan ADD itu. Namun kami tetap dilakukan pendalaman, jika memang terbuka ada yang terlibat sesuai KUHP bisa saja dikenakan turut serta,” sebut Kapolres Kutim AKBP Teddy Ristiawan didampingi Kasat Reskrim AKP Andhika Darma Sena dan Kanit Tipikor Iptu Abdul Rauf, Kamis (14/12).

Selama pelarian, kata dia, uang senilai ratusan juta rupiah itu dihabiskan untuk foya-foya dan memenuhi kebutuhan sehari-hari. Alhasil, karena persediaan yang dimiliki menipis, tersangka kemudian menjual beberapa barang yang dimilikinya.

“Sebenarnya kami sudah mencium keberadaan tersangka selama sebulan terakhir di Samarinda. Namun kami tunggu momen yang tepat. Akhirnya, saat hendak menjual Laptop di Jalan Sentosa, tersangka langsung kami ringkus,” paparnya.

Rauf menjelaskan, penyelidikan kasus dugaan korupsi ini sebenarnya sudah berjalan sejak 2014. Namun, meski sudah menemukan titik terang adanya penyimpangan serta penyalahgunaan kewenangan, ternyata tersangka keburu hilang.

“Dugaan kami setelah terima pencairan ADD tersangka gelap mata, dan langsung kabur. Apalagi saat itu, tersangka akan mengakhiri masa jabatannya sebagai kades,” tutupnya. (aj)

Tags

Related Articles

Comment

Back to top button