Bontang

Jelang Nataru Tak Ada Tambahan Pasokan BBM

BONTANG – Pasokan bahan bakar minyak (BBM) untuk wilayah Bontang dipastikan tidak ada pertambahan menjelang libur Natal dan tahun baru. Justru untuk jenis premium dan solar mengalami pembatasan dari PT Pertamina.

Kepala Unit SPBU Kopkar PKT Mardi Hidayat mengatakan, untuk bulan ini pesanan akan BBM berdasarkan bulan lalu. Pihak SPBU sudah melakukan pemantauan  terkait  permintaan konsumen akan bahan bakar tersebut.

“Sampai pertengahan bulan lebih ini tidak ada peningkatan,” kata Mardi.

Berkaca tahun lalu pada bulan yang sama, untuk kategori premium dipasok 264.000 liter, pertalite 328.000 liter, pertamax 208.000 liter, Solar 176.000 liter, dan dexlite 30.000 liter. Sedangkan tahun ini target pemesanan sangatlah dinamis, untuk kategori premium 104.000 liter, pertalite 536.000 liter, pertamax 208.000 liter, solar 72.000 liter, serta dexlite 80.000 liter.

Berdasarkan data tersebut maka untuk jenis pertalite dan dexlite mengalami pertambahan seiring dengan penurunan di kategori premium dan solar. Sedangkan jenis pertamax dinilai konstan karena tidak mengalami perubahan permintaan.

“Pergeseran itu terjadi karena yang dikejar oleh PT Pertamina ialah yang non-subsidi,” paparnya.

Sebagai antisipasi libur Natal, SPBU Kopkar PKT memajukan pemesanan BBM. Empat hari sebelum tanggal 25 Desember sudah dicanangkan untuk mengontak PT Pertamina. Harapannya, kuota untuk BBM tidak terjadi kekosongan menjelang hari keagamaan tersebut. “Rencananya 4 hari sebelum libur nasional kami sudah mulai pesan,” tambahnya.

Bentuk pembatasan jenis premium dan solar berupa jadwal pengiriman. Saat ini untuk dua jenis BBM itu datang 3 hari sekali. Dengan total muatan tiap jenisnya yaitu 8.000 liter.

“Belum lagi mobilisasi padat karena libur, itu pasti pengirimian bakal terkendala,” ujarnya.

Disamping itu, antrean untuk BBM jenis premium terjadi belakangan ini, karena beberapa pedagang bensin eceran melakukan pembelian dengan skala besar.  (*/ak)

Tags

Related Articles

Back to top button