Bontang

6.317 Penduduk Belum Rekam KTP

BONTANG – Masyarakat Bontang yang sudah masuk daftar wajib KTP, ternyata masih banyak yang belum melakukan perekaman. Partisipasi masyarakat yang kurang menjadi hambatan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Bontang. Padahal, berbagai upaya pemerintah telah dilakukan dengan dibukanya pelayanan Minggu dan jemput bola. Sehingga masyarakat diminta berpartisipasi lebih aktif untuk melakukan perekaman.

Dikatakan Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Bontang Eka Dedy Anshariddin, sampai pekan lalu, masih sebanyak 6.000 lebih orang yang belum melakukan perekaman. “Makanya kami buka pelayanan di Hari Minggu, tetapi awal buka memang banyak yang datang sampai 30 orang, sekarang hanya 6 orang saja, jadi partisipasi masyarakat masih kurang,” jelas Eka saat ditemui di ruangannya, Senin (18/12) kemarin.

Tak hanya itu, pihak Disdukcapil Bontang juga sudah melakukan sistem jemput bola ke sekolah-sekolah. Sehingga, para siswa yang menuju usia 17 tahun di momen Pilgub 2018 mendatang sudah melakukan perekaman dan siap mencetak KTP-el.

Sehingga, dirincikan dia, dari jumlah penduduk Bontang sebanyak 183.050, jumlah penduduk yang wajib KTP yakni sebanyak 124.210 yang sudah perekaman baru 118.642. Nah yang belum melakukan perekaman sebanyak 6.317. “Ini sudah kami umumkan juga di masing-masing kecamatan dan kelurahan, bahkan kami tulis juga daftar namanya, tetapi ketika dikonfirmasi oleh RT setempat ternyata ada warganya yang sudah pindah tidak melapor, ada juga yang sudah meninggal belum perekaman dan keluarga tidak memberikan surat keterangan meninggal dunia,” bebernya.

Oleh karena itu, Eka mengimbau agar masyarakat yang belum melakukan perekaman segera dilakukan. Jangan sampai ketika ada keadaan mendesak seperti sakit dan ingin mengurus BPJS harus membuat KPT dulu dan belum perekaman. Pemerintah dalam hal ini Pemkot Bontang sudah memudahkan dengan tidak adanya pungutan biaya dan perekaman hanya dilakukan satu kali meski pindah ke pulau lainnya.

“Jadi bagi yang merasa sudah perekaman tetapi belum dapat KTP-el bisa konfirmasi ke kami untuk melihat statusnya. Tetapi alangkah bagusnya mereka yang belum perekaman sama sekali untuk datang melakukan perekaman KTP-el,” pungkasnya. (mga)

Tags

Related Articles

Back to top button