Bontang

Jumat Bersih dan Kamis Indah Jadi Program Unggulan

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) adalah semua perilaku kesehatan yang dilakukan atas kesadaran, sehingga anggota keluarga atau keluarga dapat menolong dirinya sendiri di bidang kesehatan dan berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan kesehatan di masyarakat.

—–

KELURAHAN Berebas Tengah ditunjuk sebagai wakil Bontang terkait Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di tingkat Kaltim. Lurah Berebas tengah Usman HM mengungkapkan kelurahan yang dipimpinnya berhasil maju setelah menjadi juara pertama di tingkat kota.

Keberhasilan itu, membuat tim dari provinsi melakukan penilaian yang dihelat Rabu (20/12) lalu. Bentuknya dengan mendengar paparan dari pihak kelurahan terkait kebersihan dan tinjauan lapangan di RT 08.

“Minggu lalu kami meraih juara 1 tingkat kota, sekarang kami sedang berjuang di tingkat provinsi semoga bisa memberikan hasil yang terbaik,” kata Usman HM.

Adapun 10 indikator PHBS itu sendiri yakni melakukan persalinan dengan ditolong tenaga kesehatan, memberikan bayi ASI eksklusif, penimbangan bayi dan balita, penggunaan air bersih, melakukan cuci tangan, penggunaaan jamban sehat, pemberantasan jentik di rumah, memakan buah dan sayur setiap hari, melakukan aktivitas fisik setiap hari, serta tidak merokok di dalam rumah. Tim penilai melakukan pengecekan juga terkait data penunjang seperti profil kelurahan.

Usman memaparkan tim penilai juga menanyakan kerja sama dengan perusahaan terkait kebersihan pada saat sesi presentasi. Salah satunya, pemberian bantuan air langsung minum dari PT Badak NGL.

“Saya presentasikan fakta yang ada di lapangan. Ini juga dibimbing oleh PKK Kota Bontang, Puskemas Bontang Selatan II, dan Dinkes-KB ,” tambahnya.

Menurutnya, program seperti Jumat Bersih yang memfokuskan terhadap penanganan sampah baik di gorong-gorong, pinggir jalan, serta pelataran rumah warga dan program Kamis Indah sebagai kegiatan penataan keindahan pohon menjadi nilai tambah. Pasalnya, kegiatan tersebut rutin dilaksaakan tiap Minggu.

Di samping itu, kini sudah dilakukannya pengecatan lorong di RT 8 dengan cat warna-warni. Hal itu membuatnya optimistis bisa meraih juara 1 PHBS se-Kaltim kali ini. Nantinya, juara pertama tingkat provinsi berhak membawa nama Kaltim di tingkat nasional. (*/ak)

Tags

Related Articles

Back to top button