Bontang

Jelang Natal Tiga Harga Komoditas Pangan Melonjak

BONTANG – Jelang perayaan Natal dan tahun baru, beberapa komoditi pangan di Kota Taman mengalami kelonjakan harga. Kelonjakan harga ini diprediksi akan terus mengalami kenaikan sampai awal tahun mendatang.

Dari pantauan Bontang Post di Pasar sementara Rawa Indah Sabtu (23/12) kemarin, beberapa komoditi yang mengalami kenaikan diantaranya telur ayam, cabe kecil, dan ayam potong. Kenaikannya mulai dari kisaran 10-16 ribu per komoditi. (Selengkapnya lihat tabel).

Kadi, salah satu pedagang cabe ini mengaku, kenaikan kenaikan cabe sudah terjadi sejak beberapa hari terakhir, Bahkan setiap harinya, cabe kecil ini selalu mengalami kenaikan. Dia memprediksi, kenaikan ini akan terus terjadi sampai awal tahun mendatang.

“Dari sananya (agen, Red.) sudah naik. Kami pengecer juga pasti ikut naik. Kalau dari sana turun, kami juga ikut turun,” jelasnya kepada Bontang Post.

Hal senada juga dilontarkan Tarjo. Salah satu pedagang ayam potong itu mengaku kenaikan ayam potong sudah terjadi sejak beberapa minggu terakhir. Kenaikan ini pun dia prediksi akan berlangsung sampai awal tahun mendatang.

“Bahkan mulai besok (hari ini, Red.), harga per kilogramnya sudah naik seribu rupiah,” terangnya.

Lain halnya yang diungkapkan Farida. Salah satu penjual telur ayam ini mengaku, kenaikan harga telur sudah terjadi sejak jauh-jauh hari, lebih tepatnya saat perayaan Maulid Nabi lalu. Dia mengaku, kenaikan ini memang murni karena adanya kenaikan dari agen.

“Tahun ini kan berdekatan saja antara maulid, natal dan tahun baru. Mungkin itu yang jadi faktor. Di satu sisi juga ada beberapa faktor lainnya seperti cuaca dan permintaan barang yang meningkat,” tukasnya. (bbg)

Komoditas Pangan yang Naik

Komoditi                                  Harga Sebelumnya                 Harga Setelahnya

Ayam Potong   sedang             Rp 40.000/ekor                       Rp 50.000/ekor

Telur Ayam                             Rp 37.000/piring                     Rp 53.000/piring

Cabe kecil                               Rp  35.000/kilogram               Rp 50.000/kilogram

Tags

Related Articles

Back to top button