Anda tidak bisa menyalin berita ini. Info lebih lanjut, hubungi admin di [email protected]
Breaking News

Serunya Liburan Sambil Menghafal Alquran

MALANG – Berlibur ke tempat wisata, mungkin sudah biasa. Namun jika berlibur sembari menghafal alquran, ini yang luar biasa. Seperti yang dilakukan oleh para peserta program Boarding School Tahfiz  Quran Tematik (TQT) di Baitul Hikmah.

 

Lailatul Fithriyah Azzakiyah, M. Pd. I, Penemu TQT menerangkan, dalam pelaksanaan periode kedua ini, Boarding School TQT berjumlah 35 peserta. Peserta berasal dari Trenggalek, Situbondo, Pati hingga Bekasi.

Sama halnya dengan berlibur para peserta merasakan nuansa yang gembira dalam mengikutinya. Boarding School adalah singkatan dari Short Course in Holiday for Overseas Learners. Disebut demikian, karena dalam pelaksanaanya peserta diwajibkan untuk menginap.

Sementara, lanjut perempuan yang lebih akrab dipanggil Ela ini, Kata Overseas Learners ini ditujukan untuk peserta yang bukan hanya berasal dari Malang, namun juga bisa berasal dari luar Malang bahkan luar Negeri. Seperti halnya pada program sebelumnya yang diikuti oleh peserta asal Singapura hingga Korea.

Mulai dari tanggal 22 hingga 30 Desember 2017 lalu, peserta diajak untuk menghafal surat Yunus, Zakariya dan Maryam di Rumah Singgah Sihabudin, Jalan Tirtomulyo, Malang. Metode menghafal yang diajarkan di TQT ini tidak hanya membuat mereka hafal, namun peserta juga akan diajarkan untuk memahami maknanya.

Para peserta yang notabane memiliki latar belakang kemampuan yang berbeda-beda ini akan merasakan kemudahan mengafal dengan metode TQT. Peserta diajak untuk menonton film kartun yang mengisahkan salah satu cerita Nabi yang ada dalam surat Alquran, lalu peserta diberikan kosa kata bahasa arab dengan artinya yang menggambarkan peristiwa yang ada dalam cerita Nabi tersebut.

Tidak cukup di situ saja, penggalan kata dari ayat-ayat beserta artinya tersebut dirangkai menjadi sebuah nyanyian agar mudah diingat. Ketika ayat surat diberikan kepada peserta untuk dihafal, peserta sudah akan sangat familiar dengan kosa kata tersebut. Maka dari itu, peserta tidak perlu wartu yang lama untuk dapat menghafalnya.

1 2 3Laman berikutnya
Tags

Related Articles

Comment

Back to top button