Panwascam Bontang Barat Lantik 3 PPL

Harapkan Koordinasi dan Sinergi, Yakin Pengawasan Pemilu Semakin Baik

BONTANG – Panitia Pengawas Kecamatan Bontang Barat telah melantik 3 Panitia Pengawas Kelurahan (PPL) setelah melalui proses seleksi beberapa waktu lalu. Dengan dilantiknya PPL, diharapkan koordinasi dan sinergi yang baik agar terwujud pengawasan setiap tahapan pemilu dengan baik.

Ketua Panwascam Bontang Barat, Rudy Pasaribu mengatakan, pihaknya sudah melakukan proses seleksi sejak bulan Desember lalu. Diawali dengan rapat komisioner Panwascam Bontang Barat. “Setelah itu barulah kami mengumumkan ke kantor-kantor, media massa, dan kelurahan. Barulah setelah itu kami membuka pendaftaran,” jelas Rudi saat ditemui usai melantik 3 PPL di Ruang Pertemuan Hotel Raodah, rabu (17/1) kemarin.

Dikatakan dia, sebanyak 8 orang melakukan pendaftaran PPL hanya 6 orang yang lolos verifikasi administrasi. Setelah melalui tahapan seleksi pun, 3 orang akhirnya lolos sebagai PPL. “Hari ini (kemarin, red) kami lakukan pelantikan dan sekaligus orientasi pembekalan tentang tata cara pengawasan terhadap tahapan pemilu,” ujarnya.

Rudi menyebut bahwa tugas PPL ialah mengawasi setiap tahapan pemilu di wilayah kelurahan. Oleh sebab itu, diharapkan dengan dilantiknya PPL semakin bersinergi dan menambah energi pengawasan dari yang sebelumnya hanya ada 3 Panwascam, saat ini ditambah dengan 3 PPL. “Jadi dengan 6 kekuatan ini, diharapkan bisa berkoordinasi dengan PPS dari jajaran KPU,” ungkapnya.

Komisioner Panwaslu Bontang, Nasrullah yang juga menghadiri pelantikan tersebut mengharapkan PPL bisa bekerja sesuai dengan kode etik dan prosedur. Tak hanya itu, Nasrullah mengingatkan agar para PPL selalu menjaga marwahnya kepada Panwaslu Bontang beserta tingkatannya ke bawah.

“Koordinasi dan komunikasi pun harus dilakukan PPL kepada Panwaslu maupun Panwascam, terkait kegiatan-kegiatan pengawasan setiap tahapan pemilu. Saya yakin dengan dibentuknya  PPL yang selanjutnya akan dilakukan seleksi pengawas TPS, tingkat pengawasan kami akan semakin jeli dalam mengidentifikasi kerawanan untuk mencegah kerawanan yang tidak diinginkan,” pungkasnya.(mga)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Comments

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept