Breaking News

17 Ribu Pemilih Pemula Jadi Rebutan

SANGATTA – Pemilih pemula merupakan salah satu potensi besar untuk mendulang suara calon. Baik Pilgub, Pileg, maupun di Pilpres.

Dari data yang dikeluarkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kutim, untuk daftar pemilih pemula di Kutim saja, nyaris mendekati 18 ribu jiwa. Data faktanya ialah 17.885 jiwa.

Masing masing, 655 jiwa di Kecamatan Muara Ancalong, 1.204 di Muara Wahau, 687 di Muara Bengkal, 4.556 di Sangatta Utara, dan 1.047 di Sangkulirang.

Kemudian Busang terdapat 354 jiwa, Telen 587, Kongbeng 1.323, Bengalon 1.760, Sandaran 506, Sangatta Selatan 1.165, dan Teluk Pandan 756 jiwa.

Selanjutnya ialah 528 di Rantau Pulung, 665 di Kaubun, 610 di Karangan, 364 di Batu Ampar dan 398 di Long Masangat.

Wajar, para calon rebutan dan adu strategi untuk menaklukkan hati mereka. Mereka merupakan aset yang wajib diperjuangkan. Sayang, jika potensi ini diabaikan begitu saja.

“Jadi cukup banyak di Kutim pemilih pemula,” ujar Kasubag Perencanaan dan Sata KPU Kutim, Pratama Erwin.

Ada beberapa strategi agar para pemilih pemula cinta akan demokrasi. Memilih pemimpin yang sesuai dengan hati dan nurani mereka.

Pertama, menggelar sosialisasi disetiap sekolah sekolah di Kutim. Kemudian melakukan jemput pola di tiap tiap rumah, melakukan pendekatan komunitas, pendekatan keluarga, dan strategi lainnya.

“Tetapi saat ini strategi jitu kami ialah meminta keluarga untuk mengajak anaknya masing masing. Ini akan efektif selain sosialisasi di sekolah,” katanya.

Bahkan, saking prioritasnya, mereka yang tidak memiliki KTP akan dibuatkan form khusus. Begitupun mereka yang sudah cukup 17 tahun pada hari H pencoblosan, akan diberikan hak suara.

“Jadi kami memang agak sering sering ke lapangan. Sehingga pemilih pemula dapat terlibat untuk mensukseskan pilkada ini. Meskipun kami akui, tidak semua akan memberikan hak suaranya,” kata Devisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu, Ulfa Jamilatul Faridah.

Dirinya juga meminta kepada pemilih pemula agar dapat melakukan perekaman e-KTP. Cukup banyak manfaatnya. Salah satunya dalam masalah pemilu.

“Melalui media ini kami mengajak semua pemilih pemula agar dapat terlibat dalam pemilu. Mari kita sukseskan kegiatan ini. Bagi yang belum merekam dan mendaftar, silahkan lakukan secepatnya,” katanya. (dy)

Tags

Related Articles

Back to top button