Feature

Taksi Online Laris Manis, Ribuan Kamar Hotel Penuh

Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2018 yang dipusatkan di Padang, Sumatera Barat, telah membawa berkah bagi warga lokal sebagai tuan rumah. Banyak hal positif yang didapatkan pada hajatan HPN 1- 9 Februari lalu. Salah satunya, peningkatan jumlah kunjungan wisatawan ke Tanah Minang.

RACHMAN WAHID, Bontang

Dengan meningkatnya jumlah wisatawan, jasa transportasi taksi online Go-Car menjadi salah satu yang terkena dampaknya. Jika sehari dapat 13 hingga 15 kali mengantar penumpang, di momen HPN 2018 para driver mengaku bisa mendapatkan 25 sampai 30 orderan per hari. “Orderan penumpang kami naik dua kali lipat, bang,” ujar Rabiul Awalludin, Jumat (9/2) lalu.

Dirinya juga bersyukur atas suksesnya acara HPN 2018 yang berlangsun di Kota Padang. Dengan adanya agenda ini kata dia, para supir taksi online mendapatkan berkah penghasilan lebih karena orderan dari taksi online begitu banyak. “Karena para tamu peserta HPN mempergunakan aplikasi online untuk berpergian. Menikmati suasana dan alam wisata Kota Padang dan sekitarnya,” jelas Rabiul yang mengemudikan Toyota Cayla ini.

Sementara itu pengemudi taksi online lainnya, David M menyebut, jika taksi online tidak hadir di Padang, peserta HPN tidak akan bisa menikmati suasana Tanah Minang. “Tidak mungkin tamu-tamu pakai angkutan kota (angkot). Karna angkot jam kerjanya dan jalurnya terbatas, alhasil peran taksi online di Padang sangat membantu atas suksesnya acara HPN. Kami membuktikan bahwa kami juga dibutuhkan,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Padang Medi Iswandi, juga membenarkan terjadi peningkatan jumlah pengunjung berkali lipat dari hari sebelumnya.  “Biasanya hanya sekitar 200 orang yang datang ke tempat wisata yang ada,  tapi sejak HPN tercatat mencapai 700 hingga 800 orang perhari,” ujar Medi.

Tempat yang paling ramai dikunjungi kata Medi yakni Pantai Padang,  Pantai Air Manis,  dan beberapa objek wisata lainnya.  Tidak itu saja,  tingkat hunian hotel juga mengalami hal serupa. “Hotel yang banyak terisi pada umumnya yang berada di dekat lokasi HPN,” jelas Medi.

Sekitar ribuan kamar dari 70 hotel di Padang sebagian besar terisi penuh. Terutama hotel berbintang yang terletak di dekat arena HPN dan objek wisata.
Tidak hanya itu, Medi juga memaparkan bahwa sejumlah restoran yang telah direkomendasikan dipenuhi pengunjung. Bahkan retribusi parkir pun ikut meningkat tajam. ”Dengan adanya HPN ini akan menjadi contoh bagi kami untuk mempersiapkan diri  menghadapi even besar lain nantinya,” pungkasnya. (habis)

Tags

Related Articles

Back to top button