Connect with us
Lomba Foto Pupuk Kaltim

Samarinda

Sampah Berserakan di Indomaret, Tutup Saluran Air

Published

on

Dibaca normal 2 menit

SAMARINDA – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Samarinda dibuat geram dengan ulah manajemen indomaret di Jalan M Yamin, Gunung Kelua, Samarinda Ulu. Sebab hampir setiap hari terdapat tumpukan sampah di depan minimarket tersebut. Bahkan sampah berupa puntung rokok dan plastik menutup selokan, sehingga menutup arus air.

“Kemarin kami sidak. Kami temukan sekitar lima kilogram puntung rokok. Di sekitar indomater itu tidak pernah disapu. Mobil pengangkut sampah yang kami bawa sampai penuh diisi sampah,” jelas Kepala DLH Samarinda, Nurrahmani, Senin (19/2) kemarin.

Disinyalir tumpukan sampah tersebut dibuang pengunjung yang datang di indomaret tersebut. Setiap hari, di depan indomaret dikunjungi anak-anak muda yang memanfaatkan layanan internet gratis. Karena tidak dikontrol, dengan mudah mereka membuang sampah secara membabi buta.

Terkait itu, DLH pernah komplain. Namun pihak manajemen beralasan tidak memiliki petugas kebersihan yang berasal dari perusahaan, namun membayar petugas lingkungan yang bertugas di sekitar areal tersebut.

“Namanya perusahaan mengupah, harusnya juga dikontrol petugas kebersihan itu. Karena mereka yang merencanakan dan mengatur kebersihan lingkungan. Harusnya ada evaluasi dari manajemen, sehingga tidak ada sampah yang dibuang begitu saja,” ujarnya.

Tak ingin kasus tersebut terus berlanjut, pada Rabu (21/2) besok, Nurrahmani akan memanggil pihak manajemen perusahaan. Agendanya, DLH akan memberikan pandangan terkait aturan kebersihan lingkungan di Kota Tepian.

Selain itu, dalam pertemuan nanti, DLH bakal mempertanyakan izin lingkungan perusahaan. Karena berdasarkan informasi yang didapatkan dinas tersebut, indomaret itu belum mengantongi izin lingkungan.

“Sebenarnya ringan saja, mereka tidak perlu memiliki Analisis Dampak Lingkungan (Amdal), Upaya Pengelolaan Lingkungan (UPL), dan Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup (UPLH). Kami hanya ingin kebersihan terjaga,” ucapnya.

Sebelumnya1 dari 2 halaman
Gunakan tanda ← → (panah) untuk membaca