Bontang

Upacara Gabungan TNI-Polri, Mantapkan Pengamanan Jelang Pilgub 

BONTANG – Jajaran TNI-Polri di wilayah Bontang kembali melaksanakan upacara bendera gabungan tujuh belasan, Senin (19/2).  Upacara yang rutin dilaksanakan tiap bulan bulannya itu, kali ini digelar di Makodim 0908/BTG, Jalan Awang Long, Bontang Baru.

Upacara yang diikuti personel Kodim 0908/BTG, Polres Bontang, Denarhanud 002/ABC, Subdenpom VI/1-2 Bontang serta PNS di lingkungan Kodim 0908/BTG itu juga dimanfaatkan untuk mengecek kesiapan dukungan pengamanan jelang Pilgub Kaltim 2018.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Dandim 0908/Btg Letkol Arh Gunawan Wibisono. Turut hadir pula Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkot Bontang Artahnan Saidi, Kapolres Bontang AKBP Dedi Agustono, Waka Polres Kompol Eko Alamsyah, Kasdim 0908/BTG Mayor Inf Musanif, Dandenarhanud 002/ABC Mayor Arh Reindi Trinugroho, Dansubdenpom Bontang Kapten Cpm Nopian Anwar, serta Danposal Bontang Letda Laut (P) M. Ronzi.

Dalam upacara, disampaikan amanat Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono yang dibacakan oleh Dandim Gunawan. Yang mana, upacara bendera tujuh belasan ini merupakan perwujudan penghormatan kepada pahlawan yang telah rela mengorbankan jiwa dan raganya sebagai kusuma bangsa, sekaligus sebagai sarana untuk memelihara rasa nasionalisme.

Selain itu, Kasad juga mengingatkan sejak 15 Februari lalu rangkaian pilkada serentak telah memasuki masa kampanye di 17 Provinsi, 39 kota,  dan 113 Kabupaten se-Indonesia. Situasi kerawanan sosial tentu berpotensi semakin membesar di masyarakat. Kondisi tersebut berpotensi dimanfaatkan pihak-pihak yang memiliki kepentingan untuk melakukan segala hal demi mendapat keuntungan.

“Oleh karena itu, sebagai alat negara kita harus benar-benar cermat dalam mengamati dinamika sosial yang terjadi. Bangkitkan kembali kemampuan deteksi dini, cegah dini, temu cepat dan lapor cepat terhadap gejala-gejala yang terjadi,” ujarnya.

Khusus terkait dengan penyelenggaraan Pilkada serentak 2018, Kasad meminta seluruh kotama agar segera membentuk tim pengawas Netraltas TNI-AD. Disisi lain, juga harus melaporkan setiap perkembangan situasi, rencana penggelaran pasukan dan hasil pemetaan konflik secara periodik maupun insidentil.

“Selanjutnya diperintahkan agar seluruh satuan TNI AD mendukung tugas Polri untuk menjaga ketertiban dan keamanan di wilayah, dengan mempedomani MOU yang telah ditanda tangani oleh Panglima TNI dan Kapolri beberapa waktu lalu,” terangnya.

Sebagai tindak lanjut dari amanat tersebut, usai pelaksanaan upacara gabungan juga turut dilaksanakan gelar kesiapan personel dan materil satuan TNI di wilayah Kodim 0908/BTG. Ini dilakukan untuk mendukung pengamanan Pilgub di wilayah Bontang. Tampak Dandim Gunawan didampingi Kapolres Dedi langsung melaksanakan pengecekan secara bersama-sama disaksikan Sekda Artahnan dan para komandan satuan yang hadir. Usai pengecekan, Dandim Gunawan menyatakan Kodim 0908/BTG dan satuan TNI di wilayahnya siap dalam mendukung pengamanan pilkada di Bontang. (bbg)

Tags

Related Articles

Back to top button