Connect with us
Lomba Foto Pupuk Kaltim

Bontang

Evakuasi Sarang Tawon, Empat Petugas Damkar Disengat

Published

on

Dibaca normal 1 menit

BONTANG – Proses eksekusi sarang tawon yang dilakukan oleh petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkartan), Selasa (26/2) lalu tidak berjalan lancar seperti biasanya. Empat petugasnya harus dilarikan ke RSUD Taman Husada usai terkena sengatan tawon saat sedang bertugas membasmi sarang tawon yang berlokasi di Jalan Pongtiku RT 01 nomor 46, Kelurahan Kanaan, Kecamatan Bontang Barat. Beruntung karena cepat dibawa ke rumah sakit, sehingga kondisi petugas tidak sampai parah.

Plt Kasi Pencegahan, Pengendalian, dan Penyuluhan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkartan), Yuli Masriyantika mengatakan, berdasarkan keterangan dari anak pemilik rumah, ayahnya yang bernama Sinaing Tina sudah terkena sengatan sebanyak dua kali. Tidak hanya ayahnya, seorang ustaz di sekitar rumahnya pun juga pernah mengalaminya.

“Setelah dilaporkan ke kami (Disdamkartan, Red.), kami langsung melakukan pengecekan. Namun karena letak sarang tawon sangat sulit dijangkau, akhirnya petugas kami sampai membongkar lantai kayu yang ada di lantai dua,” ujarnya.

Namun nahas saat pengecekan kedua, seorang fire documenter, komandan pleton (danton), dan seorang petugas rescue terkenan sengatan tawon. Padahal mereka semua sudah dilengkapi dengan Alat Pelindung Diri (APD).

Tak menyerah sampai di situ, malam harinya petugas Disdamkartan kembali melakukan eksekusi lanjutan. Rupanya musibah kembali terulang. Seorang petugas eksekutor kembali mendapat sengatan. Beruntung karena cepat ditangani, alhasil petugas tersebut tidak sampai terluka parah.

“Eksekusi kali ini termasuk yang tersulit. Meskipun petugas kami sudah mamakai safety lengkap, namun musibah tetap selalu mengancam kami. Jika lambat penangananya, bisa sampai berujung kematian. Ke depan harapan kami tidak sampai terjadi lagi” tukasnya. (bbg)