oleh

Roadmap e-Government kota Bontang  

Saat ini Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Diskominfotik) kota Bontang sedang memantapkan terwujudnya penyelengaraan pemerintahan yang transparan, akuntabel, dan masyarakat dapat langsung berpartisipasi di dalamnya dengan mengunakan e-Government (e-Gov) atau pemerintahan yang berbasis elektronik.

Untuk menuju ke arah itu, maka Diskominfotik kota Bontang sudah membuat master plan IT berupa roadmap yang merupakan rencana Diskominfotik dalam jangka waktu lima tahun ke depan, untuk menuju pemerintahan yang cerdas dengan menggunakan e-Government.

Kepala Diskominfotik Dasuki ketika ditemui di kantornya, Rabu (28/2) lalu menjelaskan, dalam lima tahun ke depan Diskominfotik akan menata beberapa hal. Semua hal tersebut sudah tertuang pada roadmap yang telah dibuat. Untuk saat ini, Diskominfotik fokus untuk menjalankan apa yang telah tertuang di-roadmap untuk 2017-2018.

Dalam roadmap 2017-2018, ada tiga insiatif yang sedang dikerjakan dan diselesaikan oleh Diskominfotik, yaitu Inisiatif Aplikasi, Inisiatif Infrastruktur, dan Inisiatif Sumber Daya Manusia (SDM) dan Tata Kelola. Masing-masing inisatif tersebut memiliki penjabaran dan tahapan yang berbeda di dalamnya.

Inisiatif Aplikasi adalah pengembangan aplikasi berorientasi layanan yang tahapannya dimulai dari penentuan core business di tiap instansi pemerintah kota bontang, kemudian dilakukan Identifikasi proses bisnis dan permasalahan di dalam proses bisnis tiap instansi. Dilanjutkan dengan Business Process Reengineering, yaitu peningkatan kinerja proses, bisa berupa peningkatan kecepatan proses atau peningkatan kualitas layanan. Selain itu dibuat juga portal kota Bontang, berupa laman website yang terintegrasi dengan seluruh layanan pemerintah kota Bontang yaitu www.bontangkota.go.id,

Pembuatan SIM jasa pelayanan publik, dan setelah dilakukan Business Proccess Reengineering maka dapat diidentifikasi proses mana yang dapat diotomasi. Setelah dilakukan kajian, dapat dibangun aplikasi-aplikasi untuk meningkatkan layanan publik.

Bagikan berita ini!
loading...