Breaking News

Orang Utan Masuk Kampung Kajang 

SANGATTA – Warga RT 20 Kelurahan Singa Gewe, Sangatta Selatan geger melihat seekor orang utan memasuki perkampungan mereka, Selasa (6/3) kemarin. Orang utan berukuran hampir 2 meter itu melahap isi kebun milik warga setempat.

Hewan yang dilindungi tersebut sebenarnya sudah beberapa kali muncul di kawasan itu sejak setengah bulan lalu. Namun baru kemarin hewan itu muncul cukup lama, saat itu dia sedang mencoba memakan umbut kelapa di kebun milik warga. Kebun tersebut tepat berada di tepi perkampungan. Orang utan itu pun tak terusik dengan kerumunan warga.

“Tingginya hampir dua meter. Saya perkirakan beratnya lebih dari 60 kilogram. Daun kepala itu sekali saja ditarik sama orang utan langsung rontok, itu kelapanya langsung gundul,” kata Hendriadi, warga setempat.
Dia mengakui warga setempat sangat paham jika hewan tersebut dilindungi. Hanya saja dikhawatirkan warga yang kebunnya dirusak dapat mengambil tindakan sendiri. Makanya dia berharap petugas dapat merelokasi hewan itu.

“Khawatirnya merusak tanaman yang sudah bertahun-tahun dirawat pemiliknya. Kalau terus-terusan terjadi bisa jadi pemilik kehabisan kesabaran, kita cegah hal tersebut terjadi,” ujarnya.

Hal senada disampaikan Misriono, mantan Ketua RT 20 ini mengatakan kawasan tersebut dulunya memang habitat orang utan. Sebab di tahun lalu seekor orang utan telah dievakuasi dari kawasan tersebut. Dia juga memperkirakan sarang orang utan yang muncul kemarin hanya berjarak 100 meter dari perkampungan.
“Waktu saya mancing di dekat sungai, saya cium ada bau menyengat. Setelah saya lihat ternyata sarang orang utan. Letaknya sekira 100 meter dari sini,”

Dia juga meminta instansi terkait dapat melakukan tindakan pencegahan, sehingga hewan tersebut tidak dilukai manusia.

“Segera direlokasi saja. Kami sudah laporkan ke petugas, lewat Balai Konservasi Sumber Daya Alam, tapi petugasnya katanya sedang tidak berada di Sangatta. Petugas dari kepolisian juga sudah pernah turun sebelumnya dan mengingatkan warga agar hewan itu tidak dilukai karena dilindungi,” tandasnya. (hd)

Tags

Related Articles

Back to top button