Anda tidak bisa menyalin berita ini. Info lebih lanjut, hubungi admin di [email protected]
Breaking News

Sah, Rizal Bisa Ikut Kampanye

SAMARINDA – Tarik ulur pemberian surat izin cuti kampanye Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Kaltim Rizal Effendi berakhir sudah. Selasa (13/3) kemarin, Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak telah menyerahkan surat izin cuti tersebut kepada Rizal.

Surat itu diberikan langsung Awang Faroek kepada Rizal bertempat di ruang kerjanya. Pemberian surat tersebut sekaligus sebagai tindak lanjut pasca disetujui Departemen Dalam Negeri (Depdagri).

Di dalam surat bernomor 283.3/1181/B.PPOD III, perihal Izin Cuti Melaksanakan Kampanye pada Pilgub Kaltim 2018, Wali Kota Balikpapan itu tercatat mulai kampanye dari tanggal 7 Maret sampai berakhirnya masa kampanye 23 Juni 2018. Dengan demikian, Rizal pun kini harus nonaktif untuk sementara waktu dari kursi Wali Kota Balikpapan.

Kepada awak media, Awang Faroek mengakui, keterlambatan penyerahan surat izin cuti kampanye kepada orang nomor satu di Kota Minyak itu dikarenakan menunggu yang bersangkutan. Selain itu, sejak menyatakan maju di pilgub sebagai pendamping Andi Sofyan Hasdam, Rizal belum pernah berkomunikasi padanya.

Menurut dia, secara etika, sebelum surat izin cuti kampanye dikeluarkan oleh dirinya, maka paling tidak diperlukan komunikasi awal antara dirinya dengan Rizal. Terutama saat surat cuti tersebut akan diserahkan pada yang bersangkutan.

“Karena begitu etikanya. Rizal harus lapor pada saya. Tapi yang ribut ini justru kalian di pers. Dikira saya menghambat, lalu pagi tadi (kemarin, Red.) disebut Awang melunak. Nggak ada itu. Kewajiban saya melaksanakan undang-undang,” katanya.

Mantan Bupati Kutim ini menuturkan, selain karena ketiadaan komunikasi yang dibangun Rizal padanya, lambatnya pemberian surat izin cuti dikarenakan ia sempat merasa ragu. Terutama setelah berkomunikasi dengan Komisi II DPR RI. Saat itu, ia sempat bertanya dan bediskusi tentang prosedur cuti kepala daerah yang ikut kontestasi pilgub.

1 2Laman berikutnya
Tags

Related Articles

Comment

Back to top button