Kaltim

Ikan Laut Diburu Pembeli

SAMARINDA – Akhir pekan ini, ikan laut ramai diburu masyarakat. Pasalnya, harga sejumlah ikan laut di Samarinda pekan ini mengalami kenaikan. Hal ini terjadi karena pasokan ikan di pasar lebih sedikit dibandingkan daya beli masyarakat. Sebab, jumlah ikan yang didatangkan dari Pulau Jawa terpantau turun.

Salah seorang pedangang ikan laut di Pasar Segiri Samarinda, Ibrahim (24) mengungkapkan, pekan lalu harga ikan tongkol dijual Rp 25 ribu perkilogram. Minggu ini harganya menjadi Rp 30 ribu. Sedangkan ikan layang dari Rp 28 ribu, saat ini dijual Rp 35 ribu. Kemudian ikan sarden pekan ini naik Rp 28 ribu, sebelumnya dijual Rp 25 ribu.

“Begitu juga dengan ikan tuna yang harganya naik jadi Rp 35 ribu. Sebelumnya perkilo kami jual Rp 30 ribu. Rata-rata ikan laut naik Rp 5 ribu sampai Rp 10 ribu,” ungkap Ibrahim, Sabtu (17/3) kemarin.

Ia mengatakan, tidak hanya ikan laut yang mengalami kenaikan harga. Ikan air tawar juga harganya ikut melonjak. Misalnya, saat ini dia menjual ikan nila Rp 40 ribu. Padahal sebelumnya harga ikan tersebut Rp 38 ribu. Begitu juga dengan ikan mas yang sekarang dijual Rp 40 ribu. Padahal  sebelumnya dijual Rp 38 ribu.

“Ikan haruan juga harganya naik. Saat ini kami jual Rp 45 ribu. Sebelumnya perkilogram kami jual Rp 40 ribu. Karena harga ikan laut naik, kalau ada ikan masuk kami jadi saling berebut,” bebernya.

Walupun harga ikan naik, lanjut Ibrahim, tapi pembeli kian hari terus bertambah. “Bahkan pedagang nasi dan pedagang ikan keliling, berebut pesan ikan. Mereka datang lebih awal karena takut stok habis,” tambah Ibrahim.

Berbeda dengan ikan, harga cumi-cumi terpantau turun. Sebelumnya, setiap kilogram cumi-cumi dijual Rp 60 ribu. Kemudian turun jadi Rp 50 ribu. Udang dengan bentuk sedang juga harganya ikut turun. “Minggu lalu kami jual cumi-cumi Rp 80 ribu. Saat ini harganya Rp 70 ribu. Sebelumnya udang kecil kami jual Rp 55 ribu. Sekarang dijual Rp 40 ribu,” ujar dia.

Sementara itu dari pantauan Metro Samarinda, aneka sayur-mayur dan bumbu-bumbu dapur harganya terbilang normal. Tak ada harga sayuran atau bumbu dapur yang mengalami kenaikan atau penurunan. “Harga sembako juga sama,” ujar salah seorang pedagang yang ditemui media ini. (*/aj/luk)

Tags

Related Articles

Back to top button