Anda tidak bisa menyalin berita ini. Info lebih lanjut, hubungi admin di [email protected]

Connect with us
Bermita Bersama Kami

Sangatta

Buaya Bengalon Kembali Diamankan Warga

Published

on

Dibaca normal 1 menit

SANGATTA – Seekor buaya di Kecamatan Bengalon, Kabupaten Kutim, kembali ditangkap warga. Buaya Muara yang panjangnya nyaris tiga meter, tepatnya  2,80 sentimeter lebih tersebut ditangkap di sungai dekat Polsek Bengalon, Poros Bengalon tepatnya di depan Penginapan Hidup Baru.

Saat ini buaya masih diamankan warga sekitar. Rencananya,  buaya tersebut akan diserahkan kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kaltim. Sore ini dijadwalkan BKSDA akan sampai ke Bengalon.

“Buayanya akan dimasukkan ke dalam penangkapan.  Sore ini akan diambil oleh BKSDA,” ujar Kapolsek Bengalon,  Ahmad.

Sekretaris Camat,  Ernawati mengaku, Bengalon merupakan salah satu kecamatan yang banyak menyimpan habitat buaya. Tak sedikit yang sudah menjadi korban. Baik yang meninggal dunia ataupun  hanya cedera.

“Beberapa waktu lalu, sekira sebulan lalu ada juga yang digigit buaya. Orang yang  sedang mancing. Tetapi hanya tangan dan paha yang diterkam. Korbannya langsung dibawa ke rumah sakit,” kata Erna.

Erna berharap Kutim memiliki penangkaran buaya sendiri.  Pasalnya,  buaya di Kutim terbilang banyak. Hampir di semua kecamatan yang memiliki sungai terdapat buaya.

“Seperti Bengalon,  Sangatta, sering buaya ditangkap. Memang perlu penangkaran sendiri.  Sehingga tidak dilarikan ke Samarinda,” katanya.

Sebelumnya, buaya berukuran dua meter ditangkap warga di Danau Purun, Kampung Tengah, Kelurahan Singa Gede Kecamatan Sangatta Selatan.  Buaya tersebut dipancing warga. Hal ini dilakukan lantaran keberadaannya membahayakan warga dan ternak sekitar.  (dy)