Bontang

UNBK Hari Pertama Tanpa Kendala

BONTANG – Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) hari pertama tingkat SMK berjalan lancar. Dari 1.219 siswa SMK se-Kota Bontang, hanya satu yang absen akibat menjalani operasi. Diharapkan pelaksanaan UNBK berjalan lancar hingga hari terakhir yakni Kamis mendatang.

Kepala SMKN 1 Bontang yang juga Sub Rayon SMK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kaltim Kasman Purba mengatakan, untuk jaringan, komputer, dan listrik tak ada masalah. “Untuk jaringan kami gunakan indihome. Pengalaman tahun lalu, biasanya saat rilis token itu agak lambat. Tetapi tahun ini berjalan lancar,” jelas Kasman saat ditemui di ruangannya, Senin (2/4) kemarin.

Karena Kasman sebagai perwakilan Sub Rayon SMK di Bontang, terdapat 13 SMK dengan jumlah peserta UNBK 1.219 yang dirinya awasi. Pihaknya pun mendapat laporan jika satu siswa di SMKN 2 Bontang tidak hadir karena baru menjalani operasi.

Terkait sarana dan prasarana seperti komputer di setiap sekolah pun tidak mengalami kekurangan. Kasman menyebut, saat rapat MKKS sebelum pelaksanaan UNBK tidak ada sekolah yang membicarakan soal kekurangan komputer. “Karena tidak ada yang membahasnya, kemungkinan semua sekolah lengkap dan tidak ada kekurangan. Jadi tidak ada yang meminjam laptop milik guru ataupun murid,” ungkapnya.

Tak hanya negeri, salah satu SMK swasta di Bontang juga melaksanakan UNBK dengan lancar dan tanpa kendala. Seperti di SMK Nusantara Mandiri, Wakil Kepala Sekolah Badan Kesiswaan Dedy Daud mengatakan, jumlah peserta di SMK Nusantara Mandiri hanya 34 siswa sehingga dilakukan 2 sesi. Jumlah sarana yang ada pun yakni 20 laptop atau sepertiga dari jumlah peserta. “Kami sediakan 20 unit laptop agar ketika terjadi pemadaman tetap akan menyala. Meski demikian, kami tetap sediakan genset sebagai antisipasi,” ujarnya.

Kata dia, semua siswa di sekolahnya tidak ada yang absen. Sehingga diharapkan hingga hari terakhir UNBK, peserta ujian bisa tetap hadir. (mga)

Tags

Related Articles

Back to top button