Anda tidak bisa menyalin berita ini. Info lebih lanjut, hubungi admin di [email protected]
Opini

Hoaks, Bohong yang Diberitakan 

Oleh

N Yahya Yabo

Perkembangan dunia informasi saat ini menjadi hal yang paling utama. Arus informasi yang disajikan bisa didapat dari mana saja. Era keterbukaan informasi inilah masyarakat mendapatkan segala informasi. Jika semua informasi yang didapat bisa benar semua itu tidak menjadi masalah. Akan tetapi ada saja bentuk-bentuk berita dan informasi yang kurang benar dan tepat. Biasanya berita-berita yang tidak benar itu tanpa landasan dan refrensi. Maka informasi dari berita itu dikatakan hoaks.

Dari bentuk kata, arti kata hoaks adalah tidak benar atau tidak betul/ berita bohong yang diserap dari kata hoax,  (Media Indonesia, 15/10/17).

Akhir-akhir ini banyaknya muncul berita hoaks. Dalam mencari informasi, masyarakat harus jeli dalam melihat kabar atau berita yang sedang terjadi. Jangan sampai berita hoaks yang telah dibaca dan dianggap benar kemudian dikabarkan ulang. Biasanya dari berita hoaks itu, muncul karena adanya masyarakat yang memercayai begitu saja berita hoaks tanpa mempertimbangkan kebenarannya. Hoaks juga bisa menjadi sangat terkesan benar dikarenakan media yang tidak mendukung dalam penyampaian informasi tersebut. Misalnya media sosial yang lebih sering digunakan alat untuk menyebar berita bohong dikarenakan tidak adanya refrensi atau mengecek kebenaran dari informasi atau berita yang dibagikan. Berbeda dengan media mainstream (jalur utama) yang mempunyai kapasitas dalam memberikan informasi dengan mengecek kebenaran sebelum dipublikasikan atau dibagikan kepada khalayak.

Menurut wartawan pada sebuah media online, yang disayangkan adalah, jika mereka berhenti di situ dan tidak mau melakukan cross check atau dengan mencari informasi lebih lanjut. Dan akhirnya, butuh kecerdasan dan wawasan dari masing-masing individu untuk memfilter mana berita yang benar dan yang palsu. Salah satunya dengan menerapkan disiplin verifikasi saat membaca sebuah berita. (Bontang.Prokal.co, 29/08/17).

1 2Laman berikutnya
Tags

Related Articles

Comment

Back to top button