Breaking News

Jelang Hari Buruh, Polres Siapkan Ratusan Personel  

SANGATTA – Sebagian pekerja biasa merayakan Hari Buruh Internasional atau ‘May Day’ dengan berunjuk rasa. Untuk menjaga ketertiban Hari Buruh, Polres Kutai Timur (Kutim) menyiapkan skenario pengamanan.

Kapolres Kutim, AKBP Teddy Ristiawan mengatakan pihaknya telah menyiapkan rencana pengamanan untuk mengawal peringatan ‘May Day’ pada 1 Mei 2018 mendatang.

Menurutnya ia sudah lakukan mediasi bersama tiga persatuan buruh Kutim, hal tersebut membahas perihal rencana kegiatan yang akan dilaksanakan.

“Beberapa waktu lalu, kami sempatkan waktu bertemu dengan para buruh. Kami meminta mereka tidak hanya lakukan aksi demo saja. Melainkan mengadakan hal yang lebih positif. Seperti bakti sosial, kerja bakti, atau hal lainnya,” ungkapnya saat ditemui, Rabu (18/4).

Selain itu, dirinya berharap kondusitifas yang terjaga saat akan laksanakan aksi. Dirinya mengatakan, untuk melakukan kegiatan tersebut, peserta diimbau untuk tertib administrasi.

“Mereka belum mengajukan surat perizinan. Biasanya untuk unjuk rasa, masalah izin bisa dilakukan tiga hari sebelum pelaksaan,” ujarnya.

Teddy mengatakan dirinya telah menyiapkan pasukan untuk laksanakan pengamanan.

“Kami akan turunkan ratusan personel, sesuai dengan kebutuhan di lapangan nanti,” ungkapnya.

Dia menegaskan pada seluruh buruh yang akan laksanakan perayaan ‘May Day’ agar dapat bekerja sama untuk pelaksanaanya. Ia mengatakan akan ada rapat terkhir untuk menetapkan teknis.

“Unjuk rasa boleh saja, bahkan hal tersebut diatur dalam undang-undang. Tapi sebaiknya hari buruh ini digunakan sebaik mugkin mencegah agar tidak ricuh. Kami pun sudah berkoordinasi dengan  buruh agar dapat bekerjasama dalam segala persiapan. Nanti kami akan lakukan pertemuan lanjutan untuk membahas teknis, waktu dan tempat,” tutupnya. (*/la)

Tags

Related Articles

Back to top button