Hoax, Video Jasad Saddam Hussein Masih Utuh

Entah apa yang mendasari video lawas itu disebar lagi dengan keterangan yang tidak benar. Namun, dari pencarian di search engine, beberapa hari terakhir memang sejumlah media internasional menurunkan tulisan tentang misteri jasad Saddam Hussein.

Media-media yang menurunkan tulisan tersebut, antara lain, NDTV.com (New Delhi Television), Al Arabiya English, dan The Standard (media Kenya). Media-media itu membahas misteri jasad Saddam Hussein setelah rusaknya kompleks sekitar makam pemimpin yang dikenal diktator tersebut.

Dikutip dari BBC, pada Maret 2015, kompleks makam Saddam yang disebut mausoleum di Desa Al Awja rusak setelah terjadi pertempuran antara pasukan Iraq yang didukung milisi Syiah melawan militan ISIS.

Sejak itulah, menyeruak misteri di mana sebenarnya jasad Saddam Hussein dimakamkan. Ada yang menyebut jasad Saddam dipindahkan loyalisnya sebelum terjadi pertempuran. Yang pasti, video yang beredar belakangan ini bukan video pemindahan makam Saddam. Melainkan video pemakaman Saddam pada 2006. (gun/c14/fat)

Fakta

Video yang diklaim sebagai pemindahan makam Saddam Hussein tidak benar. Video tersebut merupakan pemakaman Saddam setelah dihukum gantung pada 2006.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Comments

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept