Bontang

Amankan Pilkada, 550 Linmas Siaga

BONTANG – Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkartan) Bontang akan melibatkan 550 Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) untuk pengamanan pilkada serentak. Pengamanan pilkada ini akan dilakukan mulai jenjang TPS sampai kelurahan.

“Kami akan menyiapkan Linmas untuk membantu pengamanan selama pelaksanaan pilkada. Sampai jenjang TPS akan ada petugas Linmas yang berjaga,” terang Yoga Saputra , Kasi Pelatihan Dasar dan Teknik Fungsional Disdamkartan Bontang.

Menurutnya, tiap TPS akan dijaga 2 Linmas. Lalu, di tingkat kelurahan puluhan Linmas akan bersiaga. “Mereka juga dibekali dengan kemampuan bela negara yang dilatih TNI dan Polri,” jelas Yoga.

Petugas Linmas ini sudah mulai berjaga sejak kemarin (21/4), pasca dikukuhkan. Dengan keberadaan mereka, diharapkan kondusivitas keamanan selama pilkada  bisa terjaga.

“Kami bersama Polri dan TNI akan ikut mengamankan. Hari ini (kemarin, Red.) Linmas sudah dikukuhkan. Jadi sekarang Linmas akan terlibat untuk keamanan,” jelasnya.

Untuk melaksanakan tugas pengawasan ini, Linmas akan mendapat kelengkapan untuk pengamanan. “Berupa seragam satu stel, sepatu, topi, dan aksesori seperti ikat pinggang,” jelas Yoga.

Terpisah, Wakil Wali Kota Bontang Basri Rase menyampaikan apresiasinya kepada Disdamkartan sebagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang membawahi Satlinmas. Basri berpesan, ke depan seluruh anggota Linmas bisa membantu pengamanan tidak hanya saat pilkada, tetapi juga bisa membantu dalam berbagai program-program Pemkot Bontang. “Seperti penanganan bencana ataupun masalah kebersihan lingkungan,” tukasnya. (bbg)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button