Bontang

Parah, 20 Remaja Kedapatan Pesta Ngelem

BONTANG – Seolah tak ada rasa jera, para pelaku ngelem, aldo, juga ngoteng masih saja ditemukan di tempat persembunyiannya. Minggu (6/5) dini hari sekira pukul 03.00 Wita, Bhabinkamtibmas Kelurahan Tanjung Laut beserta FKPM berhasil mengamankan 6 remaja yang sedang asyik pesta aldo dan lem di belakang Hotel Gembira.

“Sebenarnya mereka yang sedang pesta aldo dan lem itu banyak. Mencapai 20 an remaja. Tetapi yang berhasil diamankan hanya 6 orang, karena sisanya sudah berlarian melihat kami,” jelas Darman yang merupakan staf Kasi Ekobang di Kelurahan Tanjung Laut yang juga tergabung sebagai FKPM, Minggu (6/5) kemarin.

Awalnya, lanjut dia, pihaknya mendapat laporan dari masyarakat adanya remaja yang sedang pesta lem. Kata Darman, yang menginformasikan juga sekaligus meminta bala bantuan karena masuk di wilayah Berebas Tengah dengan jumlah personel yang terbatas. Sehingga, Darman beserta Bhabinkamtibmas Tanjung Laut Mukhlis pun turun ke TKP. “Tetapi saat anak-anak melihat baju kami, mereka banyak yang berlarian sehingga hanya 6 yang tertangkap. Sementara personel kami juga terbatas,” ungkapnya.

Mereka pun mengatur strategi untuk menutup dari depan dan jalan belakang Hotel Gembira, yakni jalan menuju Klinik An’am. Namun ternyata di depan Hotel Gembira dikatakan Darman tidak ada yang menjaga, maka dari itu banyak remaja yang berlarian. “Ternyata hanya dari kami saja yang mengepung dari belakang,” ujarnya.

Oleh karena itu, mengingat waktu menjelang subuh, para keenam remaja itupun digiring ke Polsek Bontang Selatan untuk diberi pembinaan. Keenam remaja itu ada yang masih anak sekolah di salah satu sekolah swasta di Bontang, ada juga dari mereka yang putus sekolah. “Mereka gabung, ada yang tinggal di Berbas Pantai, Loktuan, hingga Guntung, karena dari berbagai wilayah kelurahan makanya kami bawa ke Polsek Bontang Selatan,” terang Darman.

Darman berharap ada solusi bagaimana mengurangi kenakalan remaja yang sudah ketagihan aldo, lem, dan koteng. Karena banyak dari mereka yang merupakan pemain lama dan berkumpul kembali. “Kami berharap ada solusi seperti pemberian pelatihan bagi para pelaku aldo dan lem ini agar ada kegiatan positif,” ujarnya.

Karena, sambung dia, sudah ada beberapa orang yang mengikuti kegiatan FKPM Tanjung Laut setelah awalnya tertangkap ngelem. “Bahkan yang infokan ada yang ngelem di belakang Hotel Gembira itu mereka juga, sudah 3 minggu mereka mengikuti kegiatan kami, patroli dan lainnya. Cuma harapannya ada solusi berkepanjangan untuk memberdayakan mereka,” tandasnya.

Bhabinkamtibmas Tanjung Laut, Mukhlis menambahkan keenam orang yang berhasil ditangkap diberi pembinaan dengan memanggil orang tua dan diperintahkan olahraga di Polsek agar keluar keringatnya. “Kami gunduli juga, sebagai tanda bahwa mereka pernah diamankan,” pungkasnya.(mga)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button