Olahraga

Porprov, Panahan Target 3 Emas 

BONTANG – Persiapan terus dilakukan setiap cabang olahraga (cabor) di Bontang jelan pekan olahraga provinsi (Porprov) Kaltim akhir tahun ini. Salah satunya, dilakukan oleh tim panahan yang mengejar target 3 emas dan 2 perak.

Bidang Kepelatihan Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Bontang Arifin Wahyu mengatakan, target tersebut lebih tinggi ketimbang raihan di ajang porprov sebelumnya. Pasalnya, dua tahun lalu tim panahan Bontang hanya mampu membawa 2 medali perak dan 1 perunggu.

“Semangat para pelatih, pengurus, dan atlet untuk mencapai medali emas sangat tinggi sekali,” kata Arifin kepada Bontang Post, Rabu (9/5) kemarin.

Hasil tersebut berbeda tatkala tim mengikuti Pelatihan Daerah (Pelatda) di Samarinda beberapa waktu silam. Tim panahan Bontang hanya mampu memperoleh 3 medali perak dan 3 medali perunggu. Sementara sebelum berangkat skuat diminta membawa pulang minimal 1 emas.

Untuk menunjang itu, saat ini tim pelatih telah menggeber latihan rutin. Dalam satu pekan, latihan berlangsung selama empat kali. Adapun venue latihan terpusat di lapangan Den Arhanud Rudal 002/Bontang.

“Senin dan Rabu kami latihan sore, sementara untuk Sabtu dan Minggu kami geber latihan pagi hari,” ucapnya.

Di pembiayaan latihan, saat ini masih menggunakan dana swadaya dari pengurus. Arifin berujar perlengkapan yang digunakan saat ini memakai milik atlet. Dikarenakan peralatan bantuan dari KONI telah rusak akibat intesitas penggunaan saat latihan.

Menurutnya, peralatan tersebut telah habis masanya pemakaiannya. Idealnya tiap peralatan harus diganti tiap kurun waktu enam bulan sekali.

“Lumayan, untuk maintenance alat cukup mahal sekitar Rp 30 juta. Alat sering dipakai itu kekuatan alat berubah, benda itu juga memiliki masa kedaluwarsa,” serunya.

Perpani Bontang juga akan menghelat pemusatan latihan tiga bulan sebelum ajang porprov dimulai. Dikatakannya, proses trainning center (TC) hanyalah untuk memastikan persiapan akhir. “Mulai sekarang sudah dipersiapkan,” tuturnya.

Dalam porprov nanti, tim panahan Bontang akan mengirimkan enam atlet. Di sektor putra 5 atlet seluruhnya berasal dari kalangan pelajar. Sebanyak 3 atlet akan bermain di kelas compund dan 2 orang turun di nomor standart bow. Sementara di kategori putri akan turun 1 orang di kelas umum. (ak)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button