Connect with us
Lomba Foto Pupuk Kaltim

Bontang

PPDB SMP, Bina Tetangga Sekolah Paling Diminati  Jumlah Pendaftar Calon Peserta Didik Baru Capai 190 Siswa 

Published

on

Dibaca normal 2 menit

BONTANG – Proses pendaftaran nilai afirmasi pada proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) tingkat SMP terus mengalami peningkatan. Berdasarkan pantauan dari awak media Bontang Post, aspek bina tetangga sekolah paling diminati oleh calon peserta didik baru. (data selengkapnya lihat grafis)

Ketua Tim Afirmasi PPDB SMP Mohammad Jamaluddin mengatakan, yang paling dominan diminati melalui penambahan afirmasi ini ialah warga sekitar SMPN 1, 2, 4, dan 9. “Iya ini paling banyak diminati apalagi Kelurahan Guntung karena mencakup seluruh RT jadi langsung mendaftar bina tetangga sekolah,” kata Jamaluddin saat ditemui di Autis Center, Kamis (17/5).

Namun, beberapa petugas konter di tempat penambahan afirmasi ini akan memberikan pengarahan terlebih dahulu. Tujuannya, agar para orang tua siswa tidak salah dalam memilih nilai afirmasi. Mengingat satu pendaftar hanya diperbolehkan memilih satu nilai afirmasi.

“Kami berikan edukasi, karena hanya bisa satu afirmasi saja,” ungkapnya.

Ia mengatakan bina tetangga sekolah ini sangat rawan, bilamana nantinya nilai akumulasi masih belum bisa meloloskan calon peserta didik baru di sekolah yang dituju. Petugas tentunya akan menanyakan apakah terdapat tambahan nilai lainnya.

Bila terdapat maka petugas menyarankan menggunakan tambahan nilai yang aman dan berjumlah besar. Saat ini pendaftar bina tetangga sekolah mencapai 190 anak.

“Kalau misalnya nilai ujiannya sedikit sedangkan calon peserta didik baru mau mendaftar bina tetangga sekolah, sementara anaknya juga memiliki nilai prestasi, kami lebih menyarankan menggunakan nilai prestasi sebagi antisipasi kalau nantinya saat pendaftaran harus cabut berkas dan mencari sekolah lain,” paparnya.

Sementara untuk penambahan nilai afirmasi keluarga miskin berjumlah 87 anak. Di posisi berikutnya, nilai kemaslahatan dengan total pendaftar 26 anak. Terkahir, untuk prestasi sampai hari kelima ini masih sejumlah 21 anak.

Sebelumnya1 dari 3 halaman
Gunakan tanda ← → (panah) untuk membaca

Advertisement
Comments