Anda tidak bisa menyalin berita ini. Info lebih lanjut, hubungi admin di [email protected]
Dahlan Iskan

Rosma Setelah Tinggalkan Penyiar TV

Oleh: Dahlan Iskan

Ini adegan pertama.  Bintang utamanya dua: Xavier dan Clare. Dua nama yang minggu lalu jadi trending topik di Malaysia.
Xavier adalah orang yang pegang data asli. Tentang mega korupsi di 1MDB. Yang melibatkan Najib Razak itu. Yang hasil korupsinya mengalir ke mana-mana: ke para pimpinan partai UMNO, ke ketua partai Islam PAS, dan tentu ke istrinya sendiri: Datin Rosmah Mansur.

Xavier baru saja diminta bertemu Perdana Menteri Malaysia Dr Mahathir Mohamad. Sampai hampir dua jam. Juga baru dipanggil KPK-nya Malaysia. Untuk mengungkapkan skema mega korupsi itu: melebihi korupsi E-KTP di Indonesia.
Xavier warga negara Swiss. Nama lengkapnya Xavier Justo. Keturunan Spanyol. Tinggal di Thailand. Umurnya 52 tahun. Tidak lulus universitas. Tapi kariernya di dunia perbankan meroket.

Xavier lalu bekerja di PetroSaudi Internasioal SA. Sebagai eksekutif bidang keuangan dan IT. Tentu Xavier memegang password perusahaan. Dan sandi-sandi komputernya.

Tahun 2011 ia berhenti. Atau diberhentikan. Membawa serta data keuangan. Lalu-lintas email bos-bosnya. Beserta rahasia terdalam  perusahaan. Ia bilang: data itu diberikan oleh stafnya. Perusahaan bilang: data itu ia curi. Untuk memeras perusahaan. Nilai pemerasannya 12 juta ringgit. Atau sekitar Rp 40 miliar.

Xavier membeli villa di pulau wisata di Thailand. Di situ ia tinggal. Bersama istri dan anaknya.

Xavier membuka usaha baru di  pulau itu: bidang konsultasi. Nama perusahaannya: Justo Consultans. Rupanya kurang laku. Ia lantas mendirikan perusahaan online. Bidang pariwisata. Namanya: Olways The Sun. Mempromosikan keindahan dan kehangatan alam tropik. Tidak perlu takut kedinginan seperti di Swiss. Rupanya: juga kurang berhasil. Atau tidak berhasil.

Xavier itu ganteng. Kumis dan jenggotnya dipelihara tipis. Lengannya penuh tatto. Kanan dan kiri. Istrinya blonde, cantik.

1 2 3 4 5 6 7 8 9Laman berikutnya
Tags

Related Articles

Comment

Back to top button