oleh

Hari Lahir Pancasila, Momen untuk Bersatu Ajak Semua Komponen Bangsa Amalkan Pancasila

BONTANG – Hari lahirnya Pancasila yang diperingati setiap 1 Juni harus dijadikan sebagai momen untuk bersatu mewujudkan Indonesia hebat dan Indonesia jaya. Sebagaimana cita-cita para pahlawan dalam memperjuangkan NKRI dengan semangat Pancasila. Oleh karena itu, Wali Kota Bontang mengajak seluruh komponen bangsa untuk mengamalkan Pancasila.

Hal tersebut disampaikan saat upacara peringatan Hari Lahir Pancasila, 1 Juni 2018 di Halaman Kantor Dinas Penanaman Modal, Tenaga Kerja dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Jalan Awang Long, Jumat (1/6) lalu. Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni sebagai Inspektur Upacara (irup) membacakan amanat Presiden RI Joko Widodo.

Disebutkan bahwa Pancasila sudah bertahan dan tumbuh di tengah deru ombak ideologi-ideologi lain yang berusaha menggesernya selama 73 tahun. Selain itu, Pancasila sudah sebagai rumah Bhineka Tunggal Ika. “Insyaallah sampai akhir zaman Pancasila akan terus mengalir di denyut nadi seluruh rakyat Indonesia,” jelas Neni, Jumat lalu.

Dikatakannya, Pancasila merupakan berkah yang indah yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa. Karena melalui perenungan, pergulatan pemikiran, dan kejernihan batin para founding fathers Indonesia, Pancasila dapat terlahir. Pertama kali diuraikan secara jelas oleh Bung Karno pada 1 Juni 1945, yang kemudian dituangkan dalam Piagam Jakarta pada  22 Juni 1945 dan dirumuskan secara final pada 18 Agustus 1945. Para pendiri bangsa dari berbagai kelompok, golongan, dan latar belakang duduk bersama untuk menetapkan Pancasila sebagai pemersatu segala perbedaan. Pancasila juga berperan sebagai falsafah dan dasar negara yang kokoh, yang menjadi fondasi dibangunnya Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur. “Rangkaian proses besar tersebut, harus selalu kita ingat, kita dalami semangatnya dan kita pahami rohnya,” ajaknya.

Bagikan berita ini!
  • 1
    Share
loading...