oleh

“Urgensi Sifat serta Prilaku Jujur”

Oleh , Fachru Rizal Zami
Bidang Keilmuan dan Reset Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Kutai Timur

Kekuatan karakter seorang individu juga dipengaruhi sikap jujur yang  ia terapkan, Sehingga dapat membangun sebuah karakter kokoh yang memungkinkan seorang individu untuk dapat melakukan pelayanan yang besar kepada Allah Swt dan Sesama manusia. Bersikap jujur berarti memilih untuk tidak berbuat curang, berbohong, atau menipu oranglain dengan cara apapun. Secara etimologi, jujur diartikan sebagai sikap lurus hati, tidak berbohong dan tidak berbuat curang (misalnya dalam permainan atau persaingan dengan mengikuti aturan atau kaidah yang berlaku).

Kemudian “Bagaimana jika tidak jujur?”.

Tentu akan banyak implikasi yang hadir disebabkan tidak berprilaku jujur. Diantaranya, mendapatkan sanksi sosial berupa tidak dipercaya lagi dalam lingkungan masyarakat atau tidak dipercaya mahasiswa jika dalam lingkungan kampus akademik. Tidak akan mempunyai keberanian untuk mengungkapkan yang sebenarnya serta akan datang perasaan tidak tenang karena takut kebohonganya diketahui, bahkan sudah tentu sebagai muslim yang melakukanya akan mendapat dosa.

Allah Swt berfirman : “ sesungguhnya yang mengada-adakan kebohongan hanyalah orang-orang yang tidak beriman kepada ayat-ayat Allah, dan mereka itulah orang-orang pendusta”(QS. An-Nahl: 105).

Kemudian juga dirincikan di dalam sabda Rasulullah Saw :

“sesungguhnya kejujuran itu membawa pada kebaikan, dan kebaikan itu membawa (pelakunya) ke syurga, dan orang-orang yang membiasakan dirinya berkata jujur (benar) sehingga ia tercatat disisi Allah sebagai orang yang benar. Sesungguhnya dusta itu membawa keburukan dan keburukan itu membawa ke neraka dan orang-orang yang membiasakan dirinya berdusta sehingga ia tercatat disisi Allah sebagai seorang pendusta. (HR.Bukhari & Muslim).

Mari pada momentum bulan suci ini, kita upayakan untuk dapat selalu berprilaku jujur dalam sikap serta prilaku keseharian kita. InsyaAllah. Wallahu a’lam bishawaff. (*)

Bagikan berita ini!
  • 4
    Shares