oleh

Sekolah Pesisir Unjuk Gigi, Sukses Masuk 4 Besar  Hasil USBN Terbaik Tingkat Sekolah Dasar; SDN 011 Bontang Utara

Capaian prestasi ditorehkan oleh SDN 011 Bontang Utara. Sekolah yang terletak di Pulau Gusung ini mampu menembus peringkat empat se-Kota Bontang berdasarkan hasil Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). Ternyata, hasil itu akibat berjalannya program boarding comunnity yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Bontang.

ADIEL KUNDHARA, Bontang

PENUH perjuangan, dua kata yang terpatri di hati guru dan pelajar SDN 011 Bontang Utara. Meskipun berlokasi di daerah pesisir Kota Taman, tak membuat prestasi sulit digapai. Berbekal semangat demi mencetak generasi masa depan bangsa yang memiliki intelektual tinggi, segala upaya dilakukan.

Ismail, Plt Kepala SDN 011 Bontang Utara mengatakan, sebelumnya para siswa telah digembleng tambahan materi pelajaran. Adapun waktunya mengambil sore hari, setelah kegiatan belajar-mengajar usai. Dalam satu pekan pihak sekolah menjadwal tiga kali tatap muka.

“Tiap pertemuan lebih dari satu jam pemberian materinya,” kata Ismail saat dihubungi Bontang Post melalui sambungan telepon, Rabu (6/6).

Tak main-main, tiga guru langsung diturunkan untuk menyampaikan tambahan materi. Ismail merasa kegiatan ini sangatlah efektif guna mendongkrak prestasi sekolah.

Dikatakannya, sesungguhnya anak didiknya memiliki tingkat kecerdasan yang tak jauh dibandingkan anak kota. Akan tetapi, ia mengaku mata pelajaran Bahasa Indonesia menjadi momok, mengingat kebiasaan para siswa masih menggunakan bahasa daerahnya masing-masing.

“Bahasa Indonesia agak susah, soalnya di lingkungannya masih menggunakan bahasa daerah,” tuturnya.

Pada tahun lalu, capaian SDN 011 Bontang Utara belum terlihat. Hal itu tampak dari ranking yang belum masuk 10 besar se-Bontang.

Disdik juga membuat program boarding community untuk SDN Negeri di pesisir. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas secara merata. Kasi Kurikulum Disdik Badi mengatakan SD Negeri di daerah pesisir memerlukan penanganan khusus.

Bagikan berita ini!
  • 13
    Shares
loading...