oleh

Peduli Penumpang, Life Jacket dan Lifebuoy Dibagikan  Pemilik Kapal Wisata Diminta Jaga Keselamatan Berlayar 

DEMI menjaga keselamatan saat berlayar, puluhan Alat Pelindung Diri (APD) untuk pelayaran dibagikan Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas I Tanjung Laut kepada seluruh pemilik kapal wisata. Syahbandar Tanjung Laut juga mengimbau para nakhoda maupun Anak Buah Kapal (ABK) selalu memperhatikan keselamatan saat berlayar.

Kepala UPP Kelas I Tanjung Laut Mursidi mengatakan, tujuan dari diberikannya alat keselamatan pelayaran ini agar para pemilik kapal wisata yang banyak digunakan berlayar ke Pulau Beras Basah lebih memperhatikan keselamatannya juga penumpangnya. Sehingga, alat keselamatan berlayar ini sebagai motivasi melengkapi APD di masing-masing kapal. “Setiap kapal-kapal yang berangkat dari Pelabuhan Tanjung Laut wajib menggunakan alat keselamatan berlayar dan memenuhi persyaratan keselamatan pelayaran,” jelas Mursidi usai acara Penyerahan Alat Keselamatan Kepada Kapal Wisata ke Beras Basah, Jumat (8/6) kemarin.

Jumlah life jacket juga lifebuoy yang diberikan pada Jumat kemarin hanya merupakan simbolis. Pasalnya, Mursidi mengatakan pihaknya akan mendata jumlah kapal wisata yang ada di Pelabuhan Tanjung Laut untuk kemudian dibagikan ke masing-masing pemiliknya. Namun demikian, sesuai kapasitas kapal, maka pemilik kapal harus memiliki alat keselamatan diri disesuaikan dengan jumlah penumpangnya. “Pemberian ini hanya sebagai pemicu saja, sisanya silakan dilengkapi para pemilik kapal,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Kapolres Bontang AKBP Siswanto Mukti mengatakan, para pemilik kapal harus mengutamakan keselamatan diri. Mengingat keselamatan sangat penting, sehingga setiap Lebaran dan arus mudik semua personel polisi disiagakan. Baik dengan mengadakan pos pelayanan, pos pengamanan dalam rangka memberikan pelayanan kenyamanan kepada masyarakat baik mudik maupun tidak mudik. “Biasanya tempat wisata seperti Pulau Beras Basah akan sangat ramai dikunjungi pada libur Lebaran nanti,” ujarnya.

Bagikan berita ini!
  • 41
    Shares
loading...