oleh

Proyek Kilang Bontang Dapat Tax Holiday

JAKARTA – Sebanyak enam proyek kilang Pertamina bakal mendapat insentif pembebasan pajak dari pemerintah, salah satunya kilang Bontang. Hal itu disampaikan Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis, dan Media Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Fajar Harry Sampurno.

Selain kilang Bontang, proyek modifikasi Kilang Cilacap, Balikpapan, Dumai, Balongan, serta kilang baru Tuban juga akan mendapat insentif pajak serupa. “Besaran masa tax holiday dari enam proyek itu juga berbeda-beda. Ini tergantung nanti besaran investasinya,” kata Fajar dikutip dari katadata, beberapa waktu lalu.

Sementara Direktur Jenderal Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Djoko Siswanto menyebut, pemberian insentif pembebasan pajak dalam waktu tertentu (tax holiday) untuk seluruh proyek pembangunan kilang minyak Pertamina bertujuan untuk mempercepat pembangunan kilang. “Sekarang pemerintah sudah komitmen memberikan insentif,” kata Djoko.

Insentif tax holiday pada proyek kilang sebenarnya bukan hal baru. Namun, di aturan yang lama, untuk mendapatkan insentif itu banyak persyaratan. Sedangkan kini insentif itu akan diberikan di awal proyek.  Menurut Djoko nantinya pemerintah bisa memberikan insentif tax holiday untuk pembangunan kilang hingga 30 tahun. “Kalau dulu kan maksimum 20 tahun,” kata dia.

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Suahasil Nazara mengatakan aturan ini tidak hanya berlaku untuk sektor migas tapi juga sektor hulu lainnya seperti industri kimia dasar. Dengan adanya tax holiday ini, maka perusahaan bebas 100 persen membayar pajak penghasilan (PPh) badan kepada pemerintah.

Meski membebaskan PPh badan, pemerintah tetap mendapatkan pemasukan dari PPh atas gaji karyawan, dan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) pada perusahaan tersebut. “Jadi kami tetap dapatkan dari yang lain,” kata dia.

Ia merinci untuk investasi mulai  Rp 500 miliar hingga Rp 1 triliun, mendapatkan pembebasan pajak selama 5 tahun. Lalu untuk investasi Rp 1 triliun hingga Rp 5 triliun mendapat pembebasan pajak 7 tahun. Selain itu untuk investasi sebesar Rp 5 triliun sampai Rp 15 triliun mendapatkan pembebasan pajak 10 tahun. Untuk investasi sebesar Rp 15 triliun sampai Rp 30 triliun mendapatkan pembebasan pajak selama 15 tahun. Dan untuk investasi di atas Rp 30 triliun mendapatkan pembebasan pajak 20 tahun.

Bagikan berita ini!
  • 36
    Shares
loading...