oleh

UPZ Yabis Buka Pelayanan 24 Jam Terima dan Salurkan Zakat, Infak dan Sedekah

BONTANG – Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) Yabis Bontang kembali melayani penerimaan dan penyaluran zakat, infak dan sedekah. Bertempat di halaman Yabis, Jalan Brigjen Katamso, penerimaan zakat, infak, dan sedekah dibuka 24 jam untuk para muzaki.

“Sejak 2017 LAZ Yabis menjadi UPZ  Yabis. Yang bersinergi dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Pemkot Bontang,” kata  Ketua UPZ Yabis Badaruddin Bana saat ditemui di ruangannya beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut dia mengatakan, tahun ini penerimaan zakat ada tiga kategori. Yakni Rp 30 ribu, Rp 35 ribu dan Rp 40 ribu yang berdasarkan keputusan Kementrian Agama (Kemenag) Bontang. “Kami menggenapkan Rp 37.500 menjadi Rp 40 ribu untuk mempermudah pembayaran,” terang Badaruddin.

Dia menyampaikan, berbagai program UPZ telah dilakukan. Di antaranya, donasi rumah tahfiz dan  pemberian beasiswa mulai dari TK, SD, SMP, SMA Yabis, bahkan sampai ke perguruan tinggi   Menurutnya, meski tidak banyak, beasiswa ini dapat mengurangi beban siswa yang kurang mampu.

Selain itu, UPZ juga menyalurkan insentif tambahan kepada karyawan yang kurang mampu mulai dari TK hingga SMA. Dijabarkan, untuk penyaluran bantuan memang diprioritaskan di lingkungan karyawan terlebih dahulu. Mulai dari bantuan pengobatan dan lainnya. Setelah pemberian bantuan di kalangan internal, barulah dilakukan penyaluran bantuan di luar lingkungan Yabis.

“Apabila ada karyawan yang memiliki tetangga kurang mampu, UPZ langsung memberikan bantuan dengan menyesuaikan anggaran,” jelas Badaruddin.

Dia pun mengimbau kepada keluarga besar Yabis, mulai dari unit pendidikan, rumah sakit, dan lainnya untuk maksimalkan potensi berzakat di lingkungan Yabis. Selain itu, Badaruddin juga mengimbau kepada masyarakat untuk memaksimalkan berzakat selagi Allah memberikan rezeki.

“UPZ Yabis selalu menjaga amanah dan prefesional dalam penyaluran zakat infak dan sedekah. Kepada muzaki, kami akan selalu terbuka. Insyaallah dengan berzakat keberkahan rejeki akan selalu bertambah,” pungkasnya. (*/one/adv)

Bagikan berita ini!
loading...