Advertorial

Yayayan Yabis Cetak Imam Cilik

BONTANG – Yayasan Yabis terus melakukan pembinaan dalam peningkatan kualitas bacaan Alquran di Bontang. Terbaru, Yayasan Yabis melahirkan imam cilik yang sudah berpraktik di Masjid Yabis, Jalan Brigjen katamso. Program tersebut merupakan ide dari Ketua Yayasan Yabis Muslim Arsyad.

Dengan program tersebut seluruh unit pendidikan di Yabis  diseleksi termasuk Rumah Tahfiz. “Tujuannya kami ingin Rumah Tahfiz ini di samping menghasilkan anak-anak menghapal Alquran, mereka juga bisa menjadi imam,” kata Ketua Harian Yayasan Yabis, Saat Ardani.

Lebih lanjut dia mengatakan, sebelumnya para imam cilik dilatih untuk memenuhi syarat menjadi imam. Kata dia, bukan sekedar melafazkan, tetapi benar-benar memenuhi syarat. Sehingga Yayasan Yabis mendatangkan guru khusus untuk melihat bacaan dan tajwidnya.

Setidaknya 14 anak terpilih dalam seleksi untuk mengikuti program ini dan bergantian menjadi imam di Masjid Yabis. “Ke depan mereka akan kami akan sebar di musala-musala di wilayah Yabis dan masjid yang masih kekurangan imam. Insyaallah di tahun depan kami bisa sebarkan imam,” ungkap Saat Ardani.

Dia pun berharap Rumah Tahfiz dapat berkembang dan santrinya bisa bertambah. Pun begitu, kemampuan anak-anak untuk membaca Alquran menjadi lebih baik. Ke depannya, anak-anak ini akan disiapkan untuk menjadi imam masjid di lingkungan Yabis.

“Kami ingin berkontribusi kepada masyarakat yang ada di sini. Khususnya di bulan Ramadan untuk mencari imam. Kami memberikan solusi nantinya. Walaupun masih kecil. Tetapi  secara syar’i mendukung. Bahkan bukan hanya salat sunah, tetapi salat fardu pun diperbolehkan yang memiliki kemampuan bacaan baik dan benar,” terang Saat Ardani. (*/one)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button