Breaking News

Tidak Hanya Jalur Darat, Angkutan Perairan Ikut Diawasi

SANGATTA – Dinas Perhubungan (Dishub) Kutai Timur (Kutim) memperketat pengamanan di sekitar wilayah perairan. Pengamanan ini bertujuan penjagaan dan pengamanan jelang Hari Raya Idul Fitri.

Menurut Kasi ASDP Dishub Kutim, Soleram Irang kegiatan tersebut dilaksanakan tujuh hari menuju lebaran dan tujuh hari setelahnya.

“ASDP lakukan pengamanan tujuh hari sebelum dan sesudah lebaran, kami bagi menjadi beberapa tim.

Anggota ada yang di Sangkulirang, Muara Ancalong, dan ponton penyeberangan Sangatta Utara-Selatan,” ujarnya saat dikonfirmasi Senin (11/6).

Dalam hal ini, pihaknya melakukan pemeriksaan berbagai aspek, mulai dari keselamatan kapal hingga manusianya. Guna mencegah hal berbahaya terjadi saat di perairan.

“Yang paling utama mereka harus menggunakan alat keselamatan seperti life jacket atau jaket pelampung, kedua melakukan ‘ramp check’ atau pemeriksaan alat keselamatan, seperti lifebuoy, rantai pengaman, mencegah kelebihan muatan, kelengkapan surat kapal, jumlah kapten serta Anak Buah Kapal (ABK), dan banyak lagi,” terangnya.

Adapun pemeriksaan tersebut diberlakukan bagi seluruh kapal yang beroperasi, baik mengangkut penumpang maupun barang. Pihaknya mengaku terus perketat keamanan untuk keselamatan masyarakat Kutim.

“Mereka masih banyak yang tidak sesuai prosedur, jadi kami harus memberi sanki. Jika didapati pertama kali masih berupa teguran, agar melengkapi alat keselamatan atau yang lain sesuai peraturan yang berlaku, namun jika masih melanggar, maka akan dihentikan paksa untuk beroprasi,” katanya.

Pada kegiatan pengawasan berkala, pihaknya rutin melakukan pengecekan di beberapa kecamatan, seperti Kaubun, Kaliorang, Bengalon, Muara Ancalong, Muara Bengkal, dan mayoritas wilayah yang memiliki akses penyebrangan.

“Untuk pengawasan runtin setiap tahun menjelang lebaran terdapat di Pelabuhan Maloy Sangkulirang, Pelabuhan Muara wahau, dan Ponton penyebrangan Sangatta,” katanya. (*/la)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button